MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Gunung dan Pemanasan Global

Kenaikan suhu Bumi saat ini ramai dibicarakan orang. Apakah hanya sekedar isu yang dibuat-buat atau memang benar-benar terjadi. Apabila kita kembali ke masa 20 tahun yang lalu mungkin kita akan merasakan banyak sekali perbedaannya.

Kenaikan suhu global memang benar-benar terjadi, akibatnya kebakaran hutan di musim kemarau di gunung-gunung bisa sering terjadi. Pohon-pohon besar yang membentuk hutanpun hilang berubah menjadi padang rumput. Panas nya matahari yang sudah menyengat kulitpun semakin bertambah karena tidak ada pohon untuk berlindung.

Gunung Lawu di tahun 80-an hutannya bisa dibilang masih lebat, di siang haripun tidak terlalu panas. Berbeda dengan sekarang, di siang hari pendaki tidak akan sanggup lama berada di puncak Lawu karena panasnya yang luar biasa (kecuali bila sedang berkabut).

Hutan di Gunung Lawu sebenarnya masih lumayan dibanding Gn. Sumbing, Gn.Sundoro, Gn. Merbabu yang di sekitar puncaknya benar-benar tidak berhutan. Dahulu kita selalu sulit untuk bisa melihat puncak gunung karena selalu tertutup kabut tebal. bahkan lereng-lereng gunung di musim kemaraupun selalu dilapisi kabut.

Masih sekitar tahun 80-an kota Ambarawa di siang hari di musim kemarau juga sering berselimutkan kabut. Bawen yang terkenal dengan tanjakan mautnya pun juga sering berselimut kabut, apalagi Kopeng yang berada di kaki Gunung Merbabu.

Pemanasan Global benar-benar terjadi dan coba kita mencari informasi dari orang tua kita. Mereka pasti mengerti betul perbedaan yang telah terjadi di bujmi ini.

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Daftar Candi di Indonesia
Museum Kereta Keraton Surakarta
Misteri Watu Gubug Merbabu
Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU