MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Tetap Cantik di Gunung

Posted by Admin on 2016-01-10 20:02:15 UTC

Saat ini hobby mendaki gunung sudah umum dilakukan oleh pria dan wanita. Jaman dahulu hanya kaum pria yang melakukan hobby ini. Para pendaki gunung pun menjadi semakin modis baik pria maupun wanita. Para pendaki dengan busana yang menawan bergaya di depan kamera, meskipun berada di puncak gunung.

baca selengkapnya...


Januari : Hujan sehari-hari

Posted by Admin on 2016-01-09 02:45:13 UTC

Pepatah mengatakan Januari hujan sehari-hari. Lalu bagaimana dengan Pendaki Gunung yang ingin melakukan pendakian di bulan Januari? Apasih enaknya mendaki gunung di musim hujan. Beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sundoro sebenarnya lebih enak jika didaki di musim hujan, karena di musim kemarau sangat panas.

Sementara gunung yang masih berhutan lebat seperti gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, sungguh tidak nyaman didaki di musim penghujan. Meskipun Gunung Ciremei termasuk gunung yang agak kering, jika di musim penghujan jalur berubah menjadi selokan air. Gunung Ungaran kurang nyaman didaki di musim penghujan.

baca selengkapnya...


Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung

Posted by Admin on 2015-12-06 01:10:53 UTC

Mendaki gunung adalah olahraga yang ekstrem, tenaga kita akan terkuras sepanjang hari terus menerus selama 2-3 hari bahkan bisa lebih.

Makanan yang bergizi sangat diperlukan, begitu juga dengan kebutuhan air minum yang lebih banyak dari keperluan sehari-hari karena mengeluarkan keringat yang berlebihan. 

Namun sayangnya banyak pendaki yang berbekal apa adanya, ketika mereka melakukan pendakian, apalagi anak-anak pelajar yang belum banyak pengalaman mendaki.

baca selengkapnya...


Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga

Posted by Admin on 2015-10-02 12:07:26 UTC

Sebelum mendaki gunung Merbabu kita dapat makan di Warung Makan Nasi Gudeg yang terletak di Pasar Sapi Salatiga. Warung ini terletak di dalam pasar di dekat pintu masuk. Sarapan sejenak sebelum naik bus jurusan Salatiga Kopeng.

Bagi para pendaki sangat disayangkan bila tidak sempat mampir mencoba makan di warung yang sudah sangat terkenal di Salatiga dan sekitarnya. Warung gudeg koyor milik Ibu Hj Sukini yang terletak di sebelah Timur gunung Merbabu ini bernama Nasi Gudeg Koyor Miroso.

baca selengkapnya...


Air di Gunung

Posted by Admin on 2015-08-01 08:33:26 UTC

Pendaki Gunung senang sekali ketika bertemu dengan sumber air di Gunung, seperti air terjun di Gunung Merbabu.

baca selengkapnya...


Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi

Posted by Admin on 2015-06-03 12:11:48 UTC

Boyolali (ANTARA News) - Ratusan orang berkumpul melaksanakan upacara tradisi "Sadranan" yang digelar di lereng Gunung Merapi di Desa Sruni Kacamatan Musuk, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Rabu.

Dalam upacara tradisi Sadranan tersebut warga berbondong-bondong menuju ke tempat pemakaman umum di Dukuh Mlambong, Sruni dengan membawa tenong atau tempat berbentuk bundar berisi berbagai jenis makanan khas, nasi bersama lauknya dan buah-buahan.

Baca selengkapnya


Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi

Posted by Admin on 2015-05-21 12:15:58 UTC

Sleman (ANTARA News) - Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat kembali menggelar upacara adat Labuhan Merapi dalam rangka memperingati naik tahta Sultan HB X.

Baca selengkapnya


Berdirinya dusun Thekelan

Posted by Admin on 2015-05-03 01:47:01 UTC

Dahulu untuk menuju desa Thekelan agak sulit untuk dilewati kendaraan bermotor, sebelum dibangunnya jembatan dan jalan aspal yang menuju Kopeng. Meskipun terasing dan tersembunyi lokasinya, Thekelan adalah jalur tujuan utama para pendaki gunung dan pejiarah sejak jaman dahulu.

baca selengkapnya...


  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU