MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Tarif Baru Pendakian Gunung Merbabu

Tarif tiket pendakian Gunung Merbabu naik hingga enam kali lipat atau dari Rp1.500 per orang per kegiatan per hari menjadi Rp10.000 per orang kegiatan per hari.

Kepala Subag Tata Usaha Balai Taman Nasional (BTN) Gunung Merbabu, Himawan Gunadi, mengatakan tarif tiket pendakian naik berdasarkan ketetapan Peraturan Pemerintah No.12 Tahun 2014 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Kehutanan (Kemenhut).

baca selengkapnya...


Jadwal Kereta Ekonomi

Kereta Ekonomi adalah transportasi favorit Pendaki gunung.

baca selengkapnya...


Daftar Toko Outdoor

Daftar Toko Peralatan Outdoor

baca selengkapnya...


Mahkluk Halus minta gendong di Merbabu

Mahkluk Halus sering kali iseng minta gemblok (gendong) para Pendaki. Biasanya kejadian ini sering terjadi di Pestan atau Pasar Setan atau Pasar Dieng. Pendaki yang menjadi sasaran digemblokin biasanya adalah pendaki yang banyak mengeluh.

Lebih parah lagi biasanya Mahkluk Halus ini numpang duduk di dalam tas minta gendong menuju arah puncak, sehingga cukup menyiksa Pendaki Gununug. 

baca selengkapnya...


Sosok Mahkluk Tinggi Hitam di Merbabu

Bagi penduduk dan pendaki gunung Merbabu sudah sering mendengar kabar adanya mahkluk gaib berujud manusia dengan perawakan yang tinggi dengan pakaian hitam-hitam dan ada yang melihat ber kulit hitam yang menampakkan diri di malam hari.

Mbah Steve dan Totok (almarhum) pernah melihat penampakan Sosok Mahkluk Tinggi Hitam tersebut di Pos Bayangan II Jalur Cunthel. Tinggi mehkluk tersebut hampir menyentuh atap shelter Pos tersebut.

Pak Partono salah seorang sesepuh desa Cunthel yang rumahnya sering dikunjungi mbah Steve untuk menumpang beristirahat, bercerita pernah berjumpa dengan Sosok Mahkluk Tinggi Hitam tersebut di puncak Merbabu, ketika mengantarkan tamu mendaki Merbabu.

baca selengkapnya...


Bank Gaib bukan Pesugihan

Gunung Lawu sudah lama terkenal dikalangan para pejiarah salah satunya untuk para pedagang agar bisnisnya lancar. Untuk para pebisnispun bisa mendapatkan modal dengan cara tirakat untuk mendapatkan uang cash dari para lelembut penguasa gunung.

Uang yang didapat apakah berupa hibah atau hadiah cuma-cuma, ataukah pinjaman Bank Gaib, yang jelas bukan pekerjaan sejenis lelembut untuk pesugihan.

Ternyata di gunung Merbabu Mbah Steve juga sempat melihat lokasi keberadaan tumpukan uang tersebut, meskipun tanpa mengambilnya, karena memang tidak ada niat sama sekali untuk mencari kekayaan. 

baca selengkapnya...


Tips mengadakan acara Pendakian Masal

Membuat acara Pendakian Masal sebenarnya tidak terlalu sulit, namun akan lebih baik jika dipersiapkan dengan cermat dan cukup matang.

Kelompok pendaki yang sering melakukan pendakian secara bersama, kadang kala tanpa persiapan, langsung membuat janji naik gunung secara mendadak atau spontanitas, dan langsung bertemu di stasiun atau di basecamp pendakian.

baca selengkapnya...


Kesurupan di Gunung

Kesurupan adalah hal yang sering terjadi di gunung. Beberapa tempat di gunung yang terkenal angker, tidak jarang sering terjadi pendaki yang kesurupan. Seperti di gunung Ciremei pernah suatu ketika salah seorang dari rombongan pendaki kesurupan dan mengamuk menyerang teman-temannya, bahkan hingga mencongkel mata salah satu temannya.

Di gunung Salak terdapat pura, konon bila Prabu Siliwangi hadir salah satu pejiarah bisa kesurupan bertingkah seperti harimau.

Di sekitar Pos V gunung Lawu Pendaki sering kesurupan setan gagu, dimana pendaki tiba-tiba tidak bisa bicara, hanya bisa mengucap auauaua.

baca selengkapnya...


  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Daftar Candi di Indonesia
Museum Kereta Keraton Surakarta
Misteri Watu Gubug Merbabu
Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU