Bayi Kembar

Bayi kembar adalah kelahiran beberapa bayi yang terjadi dalam satu kehamilan. Lahir kembar dua pada manusia muncul  1 pada setiap 89 kelahiran, kembar tiga muncul 1 pada setiap 7.900 kelahiran, Sedangkan bayi kembar empat akan muncul  1 pada setiap 705.000 kelahiran. Sedangkan bayi kembar 2 identik hanya muncul 4 kasus disetiap 1.000 kelahiran. Kembar dua identik ini sering muncul pada bangsa afrika, sedangkan bangsa Asia paling jarang melahirkan bayi kembar identik.

 

 

Bayi kembar dapat terjadi dalam dua cara, pertama yakni bayi kembar yang lahir dari dua buah telur yang berbeda yang dihasilkan secara bersamaan oleh ibunya. Sehingga akan dibuahi oleh dua buah sperma yang berbeda pula, sehingga menghasilkan individu bayi kembar yang berbeda. Kadangkala tidak ada kemiripan sama sekali antara kakak beradik bayi kembar ini. Misalnya ayah berkulit hitam, ibunya berkulit putih,  mungkin si kembar yang satu hitam dan yang satu putih.

Kedua bayi kembar identik, terjadi ketika sebuah telur dibuahi oleh dua buah sperma. Telur yang sudah dibuahi ini akan berkembang dan membelah diri menjadi dua individu yang memiliki gen yang sama. Bayi kembar dampit atau kembar Siam adalah bayi kembar identik yang tidak dapat berpisah secara sempurna.

 

Bayi kembar tiga dan empat dapat terjadi apabila sang ibu melepaskan tiga atau empat sel telur secara bersamaan. Atau bisa juga terjadi apabila sebuah sel  telur yang sudah dibuahi membelah menjadi tiga atau empat individu. Ketika dua buah sel telur dibuahi oleh sperma, dan salah satunya membelah menjadi dua individu, maka akan lahir bayi kembar tiga dimana muncul kelahiran kembar dua identik dan satu bayi yang tidak identik.

 

Obat-obatan yang berfungsi untuk menyuburkan kandungan sering kali dapat mengakibatkan terlepasnya beberapa sel telur secara bersamaan, sehingga bisa memungkinkan terjadinya kelahiran bayi kembar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *