Bisnis Hotspot/Wifi dengan modem 3G/4G

Kebutuhan internet masyarakat tidak hanya di perkotaan tetapi juga hingga di pelosok pedesaan, masyarakat sudah kecanduan internet. Jika kita tertarik untuk membuat usaha Wifi/Hotspot di kampung dan hanya ada koneksi internet 3G/4G dari Telkomsel, XL, atau Indosat  apakah masih memungkinkan untuk mendapat untung? jawabnya YA, masih bisa untung GEDE. Justru karena terbatasnya koneksi internet itulah yang membuat kita berpeluang membuka usaha Wifi/Hotspot.

Peralatan yang dibutuhkan:

Modem 3G/4G

Pastikan ada sinyal 3G/4G/EVDO yang bisa tertangkap dengan baik. Usahakan memilih sinyal 4G  karena biasanya paket 4G lebih murah dari paket data 3G, selain itu sinyalnya juga lebih kencang. Beberapa Modem 4G hanya bisa untuk frekuensi tertentu, ada modem yang bisa menangkap 4G smartfren atau Bolt dengan baik, tetapi tidak bisa untuk XL / Telkomsel. Sebaiknya membeli Modem di toko komputer yang bisa dicoba dahulu, jangan beli di toko online. Selain memilih modem 4G yang sesuai untuk kartu yang akan digunakan, carilah yang ada colokan untuk antena tambahan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah frekuensi yang digunakan Operator apakah sama dengan Frekuensi yang didukung oleh modem. Begitu juga dengan jangkauan sinyal, karena ketika sinyal 4G salah satu operator lemah atau menghilang maka akan berubah menjadi 2G/3G (Jika Modem yang digunakan mendukung frekuensi 2G/3G opertor tersebut).

Berikut frekuensi yang digunakan beberapa operator 4G :

  • Telkomsel: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Indosat Ooredoo: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • XL Axiata: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Tri Indonesia: B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Smartfren: B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz / B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
  • Bolt: B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz

Kadang Modem 4G menunjukkan kode tertentu yang berarti operator:

  • IND88 LTE = Bolt
  • IND28 LTE = Smartfren
  • IND09-LTE = Smartfren
MODEM HUWAEI E3276
Modem ini mendukung operator Bolt dan Smartfren.
Frekuensi yang digunakan:
LTE FDD: 2300/2600
UMTS: 2100/AWS/900/1900
GSM: 850/900/1800/1900
MODEM HUWAEI E3372
Modem ini mendukung operator XL Indosat, dan Telkomsel.
4G LTE 8OO/9OO/18OO/21OO/26OOMhz
LTE Down up to 150Mbps,Upload 50Mbps
DC-HSPA+ up to 43.2Mbps

ROUTER BOARD MIKROTIK

Router Board Mikrotik RB411U, RB411UAHR, RB433UAH,  RB751U-2HnD, RB751G-2HnD, RB750UP bisa untuk USB Modem. Tidak semua modem bisa dikenal, jadi sebaiknya cari-cari informasi di google modem apa saja yang bisa didukung. Tetapi sebagian besar modem sudah bisa digunakan.

Router Board Mikrotik ini sangat penting karena untuk membatasi pemakaian internet user berdasarkan Quota dan juga berguna untuk membuat Voucher Elektrik berupa username dan password untuk masing-masing pelanggan.

Dengan menambahkan USB Flashdisk atau eksternal Harddisk kita bisa membuat mikrotik web Proxy, sehingga bisa mempercepat dan menghemat akses internet, hal ini sangat penting jika menggunakan modem 3G/4G sebagai sumber internetnya, agar lebih hemat Quota Paket Data.

Router Mikrotik tidak bisa langsung digunakan, harus disetting terlebih dahulu dan sangat sulit bagi yang masih awam. Jadi mesti banyak baca artikel-artikel cara setting mikrotik di google.

 

Indoor / Outdoor Akses Point

Pilih sesuai kebutuhan yang cocok dengan tempat usaha Anda. Jika tempat usaha Wifi Anda semacam cafe, warung kopi, atau warung makan, salon, bengkel gunakan peralatan Indoor Akses Point.

Jika Usaha  Wifi anda diperuntukkan bagi tetangga-tetangga sekitar rumah gunakan Outdoor Akses Point. Tentu saja anda perlu kabel dan besi antena atau bambu untuk peralatan outdoor Akses Point.

 

Antena Modem 3G/4G

Antena diperlukan terutama jika tinggal di pinggiran kota atau di pedesaan, agar sinyal 3G/4G lebih kuat dan lebih stabil. Jika sinyal lemah modem cepat panas dan koneksi internet sering terputus, tentu saja kecepatan internet juga menurun. Jika dengan Antena sinyal menjadi  lebih kuat dan stabil sehingga kecepatan yang didapat juga lebih kencang. Terutama ketika hujan sinyal 3G/4G akan hilang jika tidak dibantu dengan Antena.

Pilihlah antena yang sesuai dengan frekuensi sinyal handphone yang digunakan, misal Bolt, Samrtfren, XL, Telkomsel, frekuensinya berbeda, antenanya juga bisa berbeda. Perhatikan colokan kabel yang ke modem apakah sudah sesuai atau perlu pigtail.

MODEM ROUTER

Modem Router 3G/4G yang umum digunakan adalah TP-LINK MR3420, TP-LINK MR3020, dan masih banyak tipe lainnya yang mendukung Modem 3G/4G. Dengan satu alat ini saja plus modem 3G/4G/EVDO sebenarnya sudah bisa ber-wifi-an

 

KONEKSI LENGKAP

Pada gambar di bawah ini Modem Router bisa dihilangkan Dan Modem 4G bisa langsung di pasang di Router Mikrotik yang memiliki Slot USB. Tetapi jika modem 4G tidak dikenal Router Mikrotik maka perlu pemasangan Modem Router. Jika tidak memiliki Komputer dan Printer bisa setting mikrotik lewat Handphone dan bisa membuat voucher elektrik/username tanpa perlu dicetak.

Tips tambahan :

  1. Jika di lokasi kita bisa menangkap beberapa sinyal 3G/4G sebaiknya gunakan dua buah modem satu sebagai cadangan misal pakai Telkomsel sama XL, jangan mengandalkan hanya satu provider. Ketika salah satu provider sedang lemot, kita bisa ganti provider yang lain.
  2. Sering-sering cek Paket Data terbaru, usakan paket data unlimited.
  3. Jangan lupa cek kuota internet, beberapa modem bisa disetting lewat website, bisa kirim sms cek kuota dari website.
  4. Hal paling sulit yakni belajar setting mikrotik, terutama bagi yang masih awam. Mesti banyak browsing di internet cara-cara setting hotspot mikrotik, dan cara membuat voucher dengan usermanager mikrotik. Harus mencoba berulang-ulang sampai bisa berhasil.
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *