Bisnis Wifi HotSpot untuk Pemula

Bisnis wifi hotspot sebenarnya tidak beda jauh dengan bisnis RT/RW Net, bedanya jarak jangkauan Wifi Hotspot lebih pendek, pelanggan Wifi langsung terhubung dari HP atau laptop. Untuk pelanggan RT/RW Net perlu antena outdoor dan peralatan khusus.

Jangkauan Wifi Hotspot umumnya hanya untuk jarak dekat dalam lingkup satu ruangan, satu rumah, satu kantor, atau ruangan terbuka dalam jarak 50-150 meter. Peralatan wifi lebih sederhana dan lebih murah, sedangkan RT/RW Net perlu peralatan yang kompleks dan mahal.

Bisa juga menggunakan konsep RT/RW Net untuk dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Jika RT/RW Net tujuannya mendapatkan pelanggan rumahan yang memiliki komputer atau laptop dengan berlangganan bulanan, maka untuk Wifi HotSpot kebanyakan untuk pelanggan yang memerlukan akses internet sesaat dari handphone, tablet, atau laptop, jadi bisa dengan menjual voucher wifi dengan perhitungan jam atau quota internet.

 

Layanan Wifi biasanya untuk untuk fasilitas tambahan bisnis utama seperti cafe, rumah makan, hotel, tempat hiburan, dll.  Sekarang ini bisnis wifi /  hotspot mulai berdiri sendiri sebagai bisnis utama. Untuk bisa menjalankan bisnis wifi kita harus berlangganan internet tanpa quota (unlimited), biasanya telkom speedy/indihome atau layanan internet lewat kabel tembaga/optic lainnya. Jika di lokasi kita tidak dilewati kabel internet, bisa berlangganan Provider Internet Wireless untuk itu perlu memiliki sebuah tower. Pilihan lainnya jika di wilayah kita bisa menerima sinyal 4G Bolt / Smartfren, bisa menggunakan modem dengan kartu Bolt atau Smartfren. Mereka memiliki layanan internet unlimited.

 

Tanpa modal

Anda mendaftar dan berlangganan Telkom Indihome, maka akan mendapatkan modem router yang ada wifinya. Anda sudah bisa berjualan wifi dengan memberikan password wifi ke pada pelanggan. untuk membatasi akses internet pelanggan anda bisa melakukan setingan mac address di modem lewat handphone anda. Catat dulu nomor mac address handphone pelangan, masukkan ke dalam setingan wifi dan aktifkan. Jika jatah koneksi pelanggan habis, maka cukup di-disable atau dihapus mac address handphone pelanggan yang bersangkutan. Biaya sewa peralatan dan pemasangan Indihome, dibebankan pada tagihan bulan depan.

Dengan peralatan Modem Router bawaan dari Telkom ini cakupan WIFI di dalam ruangan sangat bagus, jika menembus tembok kekuatan sinyal turun setengah. Di tempat terbuka jika tidak terhalang bangunan bisa menjangkau jarak sekitar 25 meter.

 

Modal sekitar Rp.500.000,-

Jika di daerah anda sulit untuk mendapatkan jaringan telkom, maka salah satu cara adalah dengan membeli Router Wifi dan modem 4G. Dengan modal Rp.500.000,- anda bisa mendapatkan barang-barang tersebut dengan kondisi bekas dan pulsa untuk paket unlimited dari Smartfren 4G. Jika tercover oleh sinyal Bolt maka anda bisa mendapatkan paket 4G Bolt yang murah. Anda harus mendaftar ke Service Center, atau membeli paket unlimited Bolt tanpa mendaftar. Jika anda mendaftar di Service center Bolt, anda akan mendapatkan peralatan Modem Router Wifi, sehingga tidak perlu beli peralatan lagi.

Modem Router TP-LINK seperti ini hanya bagus untuk satu ruangan saja, jika ingin memperluas jangkauan perlu Router TP-LINK tambahan yang difungsikan sebagai Repeater/Wireless Range Expander.

Jika sinyal modem 4G lemah tambahkan kabel USB extention untuk meninggikan modem. Untuk lebih maksimal lagi gunakan antena dari wajan/penggorengan.

Sebenarnya ada peralatan Modem Wifi (mifi) namun peralatan ini menggunakan baterei dan harus sering di-charge sehingga tidak praktis. Jika adaptornya dipasang terus menerus akan merusak peralatan tersebut.

Modem Mifi hanya menjangkau satu ruangan dengan jarak berkisar 15 meter atau lebih jika tanpa halangan.

 

 

LANGGANAN INTERNET UNTUK WIFI

Sebelum memulai Bisnis Wifi pastikan di daerah kita bisa berlangganan akses internet, karena kita akan menjual kembali akses internet lewat koneksi Wifi. Jenis-jenis provider internet yang bisa digunakan untuk Wifi :

  1. Jaringan Telkom Kabel Tembaga mungkin paling umum tersedia di seluruh pelosok tanah air. Bisa berlangganan paket speedy atau indihome. Harga paket di berbagai wilayah berbeda-beda.
  2. Jaringan Kabel Optik sudah mulai berseliweran di kota-kota besar dan kecil di Indonesia. Salah satu provider internet kabel optik adalah Telkom Indihome.
  3. Jaringan 3G/4G juga bisa digunakan jika terpaksa karena tidak ada pilihan lagi. Pilihlah yang menyediakan paket unlimted seperti Bolt dan Smartfren..

Contoh Paket Unlimited Bolt

.

Contoh Paket Unlimited Smartfren

4.Wireless ISP (Internet Service Provider) pernah populer sebelum adanya internet kabel optik. Berlangganan internet lewat Wireless ISP sangat mahal dibandingkan dengan ISP kabel optik. Selain itu perlu modal besar untuk mendirikan tower/antena.

5.Internet service provider via satelit dengan bantuan antena parabola dapat digunakan jika kita berada di wilayah terpencil yang tidak ada jaringan telphone atau handphone. Biaya berlangganan sangat mahal dan biaya pemasangan juga sangat mahal.

 

PERALATAN TAMBAHAN UNTUK BISNIS WIFI / HOTSPOT

Dengan berlangganan internet Telkom Indihome atau Bolt Unlimited Home anda tidak perlu membeli peralatan apapun, sudah bisa memiliki bisnis Wifi / Hotspot. Namun untuk menunjang bisnis wifi anda perlu beberapa peralatan pendukung yakni :

 

1.Router Mikrotik

Router Mikrotik, fungsinya diantaranya untuk mengatur penggunaan masing-masing pelanggan. Membuat ID dan password masing-masing pelanggan untuk keperluan pembuatan Voucher. Membuat tampilan awal Wifi agar lebih profesional. Membagi bandwidth pelanggan sesuai dengan tipe berlangganan, bisa juga untuk Web Proxy yang berguna untuk mempercepat browsing dan menghemat bandwith dan masih banyak lagi manfaatnya.

 

2. Wireless Outdoor Access Point

Peralatan ini berguna untuk memancarkan sinyal wifi agar lebih kuat dan bisa menjangkau jarak yang lebih jauh. Peralatan ini dipasang di luar rumah dan memerlukan sebuah tiang dari besi atau dari bambu. Dengan peralatan ini sinyal bisa menembus tembok disekitar rumah. Jika tanpa penghalang bisa mencapai jarak ratusan meter bahkan lebih.

Peralatan di atas juga bisa digunakan sebagai penerima (Point 2 Point) atau sebagai repeater, sehingga  Wifi anda bisa memiliki sinyal yang sangat kuat di tempat lain.

Dengan peralatan Wireless Outdoor Access Point yang tahan cuaca panas dan hujan, sehingga bisa ditempatkan di atas antena. Maka jangkauan wifi bisa menembus rumah-rumah di sekitar kita.

Dengan peralatan yang sama pelanggan bisa menerima dalam jarak hingga 5 km.

 

3. Antena Outdoor Access Point

Untuk sinyal yang lebih kuat dan jangkauan yang lebih luas dan merata, perlu peralatan tambahan berupa antena. Selain itu anda juga harus mempersiapkan tiang antenanya.

4. Printer

Untuk mencetak voucher gesek anda membutuhkan sebuah printer blootooth yang bisa print dari handphone, atau printer biasa tetapi anda harus memiliki sebuah komputer. Untuk menutup kode Voucher perlu stiker gesek yang ditempelkan di atas kode.


Contoh Voucher Wifi dengan printer Epson dan stiker gosok untuk menutupin kode Login dan Password.

 

 

5. Server Pulsa Voucher Wifi Elektrik

Jika jangkauan Hotspot / Wifi anda sangat luas, atau anda membuat repeater di beberapa tempat, anda bisa merekrut agen-agen untuk menjual Voucher Wifi Elektrik. Untuk itu anda perlu membuat sebuah server pulsa yang biasa digunakan untuk menjual pulsa handphone. Minimal hardware yang diperlukan adalah sebuah komputer lama PC Pentium 4 dengan windows XP dan sebuah modem atau handphone untuk SMS center. Software server pulsa yang digunakan adalah Otomax bisa menggunakan yang versi Gratis. Software ini bisa digunakan untuk berjualan Voucher Elektrik Wifi dengan menambahkan Produk , pilih Voucher Fisik, lalu masukkan kode wifi satu persatu. Anda juga bisa berjualan Voucher Game.

Seperti halnya Agen Pulsa, Agen yang hendak berjualan Voucher Wifi Elektrik harus menyerahkan uang deposit misalnya sebesar Rp.100.000,- sebagai modal untuk berjualan. Saldo Agen akan terpotong setiap melakukan transaksi pembelian Wifi, Pulsa Handphone, Token PLN, atau Voucher Google Play, Voucher Facebook, dll.

 

 

169 comments on “Bisnis Wifi HotSpot untuk Pemula

  1. asslmkum,,,sy ingin brtanya,apakah kita dgn membeli mikrotik ,kita dpt memasang dan mengoperasikan sendiri dgn melihat panduannya atau harus ada teknisinya?(ma’af prtanyaan awam)krna saya ingin memulai usaha ini.dan dimana saya dptkan mikrotik ini?dan apa yg harus saya pasang lebih dl. trmkasih

    1. Memasang mikrotik sendiri sepertinya kalau orang awan akan sulit, karena harus memahami scriptnya meskipun di google banyak contoh scriptnya. Kalau sudah pengalaman sebagai tehnisi Komputer akan lebih mudah untuk belajar sendiri. Harus banyak latihan, saya juga belajar sendiri dari google, otak-atik sendiri.

      1. Sya punya mifi andromax m2p bang, setelah bca artikel di atas sya trtarik mau coba. . .
        Maf sya pmula bang, jdi sya pkir simpel, klau sya beli mikrotik dan anten penguat signl mifi, apa tu cukup dan bsa fungsi?
        Mhon pncerahanx bang. . .

        1. Kalau mau bisnis WIFI sebaiknya berlangganan Telkom, jika tidak ada jaringan telkom, kalau dengan mifi Andromax harus berlangganan Paket Unlimited, namun batereinya tidak bisa nyala 24 jam nonstop. Kalau untuk penguat bisa pakai Repeater.

  2. Hallo gan … sy pemula di bisnis wifi . . Ada tutorial agar setiap user tidak berebutan banwith. Antara download. stremer. Dan game online Hp ? Atau ada alat tertentu untuk mengetur banwith ? Trims

    1. Sebaiknya pakai Router Mikrotik, karena selain bisa untuk membuat voucher, bisa juga untuk membedakan tipe-tipe user. Misal user tipe Silver speed maksimal 2Mbps, user Gold maksimal 5 Mbps, user VIP speed maksimal 10 Mbps.

      Router Mikrotik juga bisa untuk bandwidth managemen, jadi misal total bandwidth 10Mbps, sementara user yang sedang download ada 10 orang maka bisa disetting masing-masing otomatis memiliki speed yang sama 1Mbps.

      Bisa juga memberi keistimewaan pada user tipe VIP, ketika terjadi download hingga maksimal bandwidth maka user VIP mempunyai speed lebih tinggi dibanding tipe Gold dan Silver.

      1. Oke trims kasih banyak gan .. tetep harus pake router mikrotik yah gan . Sekali lagi trimakasih .

    2. Fungsi utama mikrotik adalah untuk membagi jumlah bandwith untk setiap client baik download maupun uploadnya agar tdk mengganggu client lain, yang sama sama satu network.

  3. Halo gan “ane orang pemula yg blm mngrti tentang wifi”crta ny mw bkin usaha warkop d kmpng tanpa harus pakai jaringan kabel “kira 2 jebol ngak ya gan biaya per bulan ny

    1. Kalau bisa berlangganan internet telkom. Jika di kampung tidak tersedia jaringan kabel/optik telkom, bisa juga dengan Provider 4G yang ada paket unlimited misalnya Bolt atau Smartfren. Jika terpaksa pakai Paket Data Telkomsel, berarti kita harus menjual kembali lebih mahal dari harga Operator Telkomsel. Perlu router mikrotik untuk membuat voucher berdasarkan paket data.
      .
      Misal kita berlangganan Paket Data Telkomsel 40GB 24jam harga Rp.500.000,- berarti harga 1 Gb Rp.12.800,- kita bisa jual Wifi 1 Gb Rp.25.000,- atau 500Mb seharga Rp.15.000,- Masih bisa laku dan bisa untung karena 500Mb 24jam atau 1GB 24jam Telkomsel kan harganya masih lebih mahal dari paket wifi yang kita jual.
      .
      Perhitungan harga jika menggunakan kartu XL :
      XL Paket Data 800MB 24jam 3G/4G harga Rp. 30.000,- per 100Mb = Rp. 3.750,- sedangkan 500Mb = Rp.18.750,-
      XL Paket Data 16GB 24jam 3G/4G harga Rp. 200.000,- per 100Mb = Rp. 1.250,- sedangkan 500Mb = Rp.6.250,
      Jika kita berlangganan XL Data 16GB seharga Rp.200.000,- kita bisa jual Wifi Quota 500Mb seharga Rp.10.000,- dan Paket Wifi Quota 1GB seharga Rp.20.000,- total pendapatan Rp.320.000,- keuntungan Rp.120.000,-

  4. Legalkah bisnis ini?
    Soalnya menurut persyaratan pengguna indihome disebutkan tidak boleh menjual lagi atau menjual service dari telkom ke pihak ketiga.

    1. banyak cafe-cafe, rumah makan, bengkel, salon, warkop, menyediakan layanan wifi baik yang gratis atau berbayar. Isp selain telkom banyak berlomba menawarkan layanan wifi seperti BOLT unlimited boleh untuk usaha wifi. Kalau telkom mau ketinggalan silahkan aturan diperketat. Kalau wifi sudah umum ya sepertinya boleh, tapi kalau RT/RW net kayaknya sudah kayak ISP jadi mungking bisa bermasalah.

      Kenyataannya kebanyakan Warnet memakai Telkom/Indihome dimana mereka menjual lagi akses internetnya. Telkom sendiri melakukan pembinaan pada UKM-UKM termasuk warnet. Dan telkom juga menawarkan Bisnis Wifi Corner, @wifi.id hingga kecepatan 100Mbps yang benar-benar resmi dari telkom.
      Silahkan baca : http://merbabu.com/blog/wifi-corner-warnetzamannow/

    1. TP Link EAP 110 Outdoor sudah ada antenanya harga sekitar 500 ribu-an. Tambah kabel Lan sesuai ketinggian permeter sekita 4 ribuan.

  5. aslmkm? sya pemula gk tau apa itu internet. gans sya mau buka usaha hotspot tpi di tmpat sya susah jaringan.. kira” bisa gk pasang wifi hotspot….
    1 lagi _ kalau bikin tower sendri harga nyah brapa? thankz

    1. Kalau susah jaringan internet, bisa pakai internet satelit lewat parabola ada beberapa Internet Provider yang bisa diakses dengan parabola misalnya :
      1. http://www.bignet.id/
      2. https://ubiqu.id/paket-internet-desa-sekolah/
      3. https://vsatindonesia.net/internet-satelit-vsat-c-band-murah-indonesia/
      4. http://www.metrasat.co.id/
      .
      Kalau Wifi sebenarnya gak perlu tower karena langsung ditangkap HP atau Laptop, jadi gak bisa jarak jauh. Kecuali kalau mau buka RT/RW NET pelanggan perlu peralatan Akses Point dan antena yang tinggi tanpa halangan, baru bisa menjangkau jarak yang jauh. untuk Wifi pakai antena bambu / semacam tiang bendera juga bisa.

      .
      Bisa juga dengan Provider 4G yang ada paket unlimited misalnya Bolt atau Smartfren. Jika terpaksa pakai Paket Data Telkomsel, berarti kita harus menjual kembali lebih mahal dari harga Operator Telkomsel. Perlu router mikrotik untuk membuat voucher berdasarkan paket data.
      .
      Misal kita berlangganan Paket Data Telkomsel 40GB 24jam harga Rp.500.000,- berarti harga 1 Gb Rp.12.800,- kita bisa jual Wifi 1 Gb Rp.25.000,- atau 500Mb seharga Rp.15.000,- Masih bisa laku dan bisa untung karena 500Mb 24jam atau 1GB 24jam Telkomsel kan harganya masih lebih mahal dari paket wifi yang kita jual.

  6. Selamat sore,
    saya ingin membuka bisnis wifi / hotspot ini di sebuah kos-kosan di kota medan.
    jumlah anak kosan nya lumayan banyak bisa mencapai 60 orang.
    untuk itu saya mau bertanya apakah saya bisa menerapkan sistem RT/RW NET di kosan ini,
    tolong bimbing saya.
    salam trimakasih…:)

    1. Kos-kosan gak perlu RT/RW Net jika berada di Kota besar mendingan pakai WIFI CORNER/ @WIFI.ID dari telkom gak perlu keluar modal speed up to 100Mbps, Sistem Voucher langsung dari aplikasi. Jika penggunanya banyak bisa pasang beberapa Akses Point. Cara daftar cukup download aplikasi MyWico, coba baca artikel http://merbabu.com/blog/wifi-corner-warnetzamannow/

  7. yang perlu saya lengkapi apa aja ya?
    kalau misalnya saya menggunakan wifi bolt, apakah saya bisa membatasi penggunaan internetnya buat pelanggan?
    kalau bisa, saya buat harga di Rp.5000 untuk satu hari itu kesesusaiannya brapa mbps?

    1. Kebanyakan Wifi Router / Wifi Modem ada fasilitas Bandwidth Manager yang bisa digunakan untuk membatasi Bandwidth untuk masing-masing pengguna, tapi kekurangannya tidak fleksibel misal 1 pengguna dibatasi hanya 1 Mbps sementara kecepatan total 10Mbps, maka jika hanya 1 orang pengguna maka 9 Mbps tidak terpakai.
      .
      Jika menggunakan router mikrotik bisa lebih maksimal dalam mengatur bandwidth. Misal Total kecepatan 10Mbps jika jumlah pemakai hanya 1 orang maka kecepatan yg didapat full 10Mbps, Jika pemakai secara bersamaan ada 10 orang kecepepatan akan turun, masing-masing otomatis mendapat kecepatan 1 Mbps. Selain itu bisa diatur sesuai prioritas, pelanggan tarif mahal bisa diberi kecepatan lebih kencang dibanding pelanggan biasa.
      .
      Pakai Bolt berlangganan yang unlimited atau yang quota?? Hati-hati quota bisa kesedot habis. Jika berlangganan unlimited untuk tarif Rp.5.000,- satu hari, kecepatan bisa disamakan dengan tarif yang lain, asalkan menggunakan Router Mikrotik sebagai pengatur kecepatan tidak jadi masalah.

  8. Sore gan… Saya mau nanya nih.. Saya masih awam tentang wifi., ceritanya nih saya mau bisnis wifi dikampung.. Kebetulan indihome bisa nyampek kerumah saya.., rencananya saya mau nyebar wifi deket rumah +- 20metran dan kerumah ipar skitran 250 meter… Yg saya mau tanyakan.. Apasaja alat yg digunakan untuk dirumah saya dan alat apa saja yg perlukan dirumah ipar saya biar bisa nerima dan menyebar wifi juga.. Trim’s gan

    1. Sebenarnya modem indihome sudah ada wifinya dan sinyalnya lumayan kuat. tetapi keamanan wifi tidak sekedar password, karena kalau untuk bisnis harus bisa membatasi akses pengguna. Untuk bisnis wifi yang bisa menjangkau jarak jauh, peralatan yang dibutuhkan:
      1. Router Mikrotik untuk membuat voucher dan mengatur penggunaan wifi.
      2. Outdoor Akses Point untuk memancarkan wifi + kabel LAN + antena bisa dari bambu.
      3. Outdoor Akses Point untuk Repeater jarak jauh + kabel LAN + antena bisa dari bambu.

      1. Untuk mendapatkan router mikrotik dan antena+kabel LAN itu kita bisa dapatkan dimana gan?dan pemasangannya bagaimana dan barus siapa yg akan memasang?mohon konsulnya..terimakasih…

        1. di toko online banyak yang jual.. kalau untuk pemasangan biasanya pasang sendiri.. kalau pakai jasa specialis wifi pasti lumayan mahal.. apalagi kalau tehnisinya dari kota lain, kena biaya transport.. mesti banyak otak-atik dan coba-coba sendiri, dan cari-cari info di google.. pelajari dulu wifi modem indihome, cara merubah password dan proteksi dengan mac address.

  9. Assalamualaikum sob
    Karna sy msh awam sy ingin bertanya buka usaha rt rw net dikomplek perumnas.
    Apa saja nama dan merek peralatan yg harus sy siapkan ntuk dapat dijangkau dgn baik oleh pelanggan sy nantinya… Mohon penjelasanny sob
    Terimakasih 🙏

    1. Rt/Rw net itu lebih ribet dari Wifi, perlu tower yang tinggi di sisi kita. Di sisi pelanggan juga perlu antena yang cukup tinggi. terus perlu peralatan akses point yang cukup mahal untuk pelanggan. Kalau wifi pelanggan tidak perlu alat tambahan, langsung akses dari HP atau tablet.
      .
      Biasanya kalau buka usaha Rt/Rw net punya tehnisi sendiri, kalau tidak ada perlus bayar tehnisi untuk pasang di klien/pelanggan, begitu juga kalau ada gangguan di pelanggan harus panggil tehnisi. Kalau masih awam sebaiknya pakai jasa pemasangan Rt/Rw Net yang bisa memberi pelatihan untuk pemasangan maupun cara mengatasi jika ada gangguan.
      .
      Untuk peralatan coba cari di google ” paket rt/rw net lengkap” coba cari beberapa paket yang berbeda-beda karena dalam menentukan peralatan tergantung keperluan dan budget juga.

  10. Mlm, sy IRT yg ingin membantu ekonomi keluarga..dan sy sangat awam mengenai hal spt ini. Kebetulan baru 3 hr yg lalu pasang indihome..mungkin kalau peralatan bs d beli ol, trus bs mintol siapa yg bs memasangnya?teknisi apa maksudnya?

    1. Sebaiknya hubungi telkom, untuk minta berlangganan @wifi.id atau Wifi Corner , tidak perlu ribet setting dan membuat voucher. Semua telkom yang atur, voucher sudah jadi dari telkom. Terus sambil buka usaha warung kopi atau jajanan ringan, dimana banyak yang nongkrong main wifi sambil jajan ringan.

      Paling simpel adalah belajar cara setting password wifi pada modem indihome dan cara setting mac address. Karena untuk membatasi akses wifi agar tidak semua orang bisa mengakses wifi, hanya pelanggan yang mac address HP nya sudah terdaftar.

  11. Kebetulan sy baru pasang wifi dirumah dan banyak tetangga yang suka nebeng main wifi dengan bayar 2K sepuasnya. Yang bikin kesal, passwordnya suka di bagi bagiin ke yg lain. Jadi bayar 2K, yg pake bisa 5 orang. Rencanany sy mau bikin voucher. Pertanyaanny jika router merk netis, bisakah membuat voucher seperti memakai mikrotik tsb?

    1. Selain password cara membatasi akses wifi bisa dengan mac address. Jadi untuk yang mau berlanganan wifi catat mac address HP (dari menu HP pilih setting – about device – status -Wifi Mac Address) masukkan kode mac address setiap HP yang boleh akses internet di modem wifi kita. Masuk ke setingan Modem Wifi – aktifkan pengaturan Mac address- tambahkan mac address HP yang boleh menggunakan internet. HP yang tidak terdaftar mac address nya akan terblokir.

      1. Mac address itu apa ya??

        Dan begini, btw, Kalau sudah berlangganan Indihome tapi wifi indihome nya juga kami sewakan ke tetangga gimana??
        Soalnya susah cara ngatur waktunya sebab kan harus ganti-ganti paspod kalau waktunya si penyewa wifi di tempat kami sudah habis sedangkan penyewa yang satunya lagi & satunya lagi dan yang lain-lainnya belum habis waktunya untuk ganti paspod jadi kan repot, bingung, & gak enak pula sama yang ikutan sewa nimbrung wifi indihome di kami??

  12. Uda dicoba malah sayany kelupaan masukin mac address sendiri. Alhasil, sy gak bisa conect ke jaringan. Solusiny gimana y mas ? Apa masih ada jalan untuk mengatasi sendiri atau harus manggil teknisinya y? Pusing sendiri sy

    1. coba login pakai HP orang yang sudah didaftarin..pinjam sebentar untuk setting memasukkan Mac address sendiri.. sebenarnya ada fasilitas reset.. tapi nanti malah minta username sama password indihomenya..kalau ada komputer atau laptop bisa langsung colok pakai kabel lan ke routernya, bisa langsung seting di routernya.
      Jika modem indihome sama router terpisah beda alat, bisa direset routernya tapi modemnya jangan. Tapi nanti akan lebih ribet lagi seting routernya jika masih awam.

  13. Hallo min…
    Saya mau buka usaha wifi di desa saya, tapi saya pemula dan saya tidak tau gimana cara berlangganan wifi dengan biaya yang cukup rendah. Tolong infonya min
    Makasih

    1. Jika tidak bisa berlangganan telkom indihome/speedy maka pakai Sinyal 3G/4G dari XL, Telkomsel, Indosat, dll. Jika kita berlangganan XL Data 16GB seharga Rp.200.000,- kita bisa jual Wifi Quota 500Mb seharga Rp.10.000,- dan Paket Wifi Quota 1GB seharga Rp.20.000,- total pendapatan Rp.320.000,- keuntungan Rp.120.000,-

  14. mohon info: aq pengen buka usaha wifi d kampung tp d kampung aq gk ad telkom tp utk akses internet bs d kampung.kira” aq harus beli alat yg mna y utk buka usaha wifi mohon info

    1. Karena tidak ada telkom, maka harus pakai ISP mobile seperti Telkomsel, XL, Indosat. Beli Paket Data yang Quota besar, jatuhnya akan murah baru dijual untuk Quota wifi kecil-kecilan.
      Peralatan yang diperlukan :
      1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher berdasarkan Quota harga sekitar Rp.750.000,-
      2.Perlu tiang antena bisa dari bambu untuk menangkap sinyal 4G/3G agar internet yang didapat lebih kencang.
      3.Perlu antena dan kabel antena untuk menangkap sinyal 4G nya. Harga sekitar Rp.350.000,-
      4.Perlu Modem Router 4G harga sekitar Rp.300.000,-.
      5.Perlu Modem 3G/4G harga sekitar Rp.400.000,-
      6.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifi harga sekitar Rp.500.000,-

  15. Hallo min….,
    Karna saya msh awam saya ingin bertanya
    Apakah semua router microtik bisa disetting untuk pembuatan voucher?
    Apa nama dan merek (spesifikasi/tipe/kode) yang perlu saya beli?
    Mohon penjelasannya min….
    Terimakasih 🙏

    1. Tidak semua Router Mikrotik bisa untuk Usermanager (bikin Voucher) yang umum digunakan adalah Router Mikrotik RB750r2 harga sekitar Rp.600.000,- Lisensi Level 4 bisa untuk Wifi 20 User online bersamaan. Sedangkan Router RB450 harga kisaran 1,2 juta ke atas Lisensi Level 5 bisa untuk Wifi 50 User online bersamaan. Router Mikrotik RB1100Dx4 harga sekitar Rp.4,5 juta bisa online user wifi secara bersamaan unlimited.
      .
      Kalau mau hemat beli akses point Mikrotik. Langsung bisa juga untuk bikin voucher, satu alat bisa untuk pemancar dan untuk bikin voucher. Contohnya Outdoor Router MikroTik Metal 2SHPn
      .
      Jika punya PC jadul P3/P4 bisa dijadikan router mikrotik, download aja OS Mikrotik tinggal install di pc.

      1. Berarti dari modem Speedy cukup disambung dg metal 2shpn saja tanpa perlu ditambah dg AP indoor ya?

    2. Router mikrotik apa (spesifikasi/tipe/kode) yang perlu saya beli yang bisa untuk pembuatan voucher?
      Terimakasih 🙏

    3. Assalamulaikum min sya mau tanya krn sya pemula dan berniat mau buka usaha wifi didaerah sya yg mana letak dan lokasih sudah bisa terjangkau sinya tpi untuk jaringan internetnya masih belum bisa. Kira2 apa saja yg harus sya siapkan untuk memulai bisnis wifi. Khususnya alat2 yg harus sya siapkan. Terimaksih min seblumnya.

  16. Berdasarkan pertnyaan dr komen komen di atas berti router mikrotik.. mempermudah qt sbagau pemilik usaha memasukan satu persatu mac address Hp Hp pelanggan yg ingin joint ya min?

    1. Dengan Router Mikrotik Mac address pelanggan otomatis tercatat sendiri, sehingga pelanggan yang sudah memasukkan user/password tidak perlu memasukkan user/password lagi ketika koneksi internet terputus. Yang terpenting dengan Router Mikrotik bisa untuk membuat Voucher berdasarkan Quota atau waktu pemakaian. Serta untuk mengatur dan membatasi bandwith masing-masing pelanggan. Kelebihan mikrotik lainnya yaitu bisa untuk web proxy sehingga bisa mempercepat dan menghemat akses internet, terutama wifi yang tidak menggunakan telkom/indihome tetapi menggunakan modem 3G/4G.

  17. Min…bisa dibantu secara teknisnya gimana
    Dari kartu Indosat mau dibuat usaha jual voucher WiFi
    Detail alat yang dibutuhkan apa saja
    Makasih min…

    1. Peralatan yang diperlukan :
      1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher berdasarkan Quota.
      2.Perlu tiang antena bisa dari bambu untuk menangkap sinyal 4G/3G agar internet yang didapat lebih kencang.
      3.Perlu antena dan kabel antena untuk menangkap sinyal 4G nya.
      4.Perlu Modem 3G/4G yang suport frekuensi Indosat.
      5.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifinya.

  18. aslmkm? gan desa sya susah jaringan.. bisa gk kalau bikin bisnis hostspot wifi.. budget yank harus di keluarkan.. kisaran brapa? thankz tolong di jwb ..

    1. Peralatan yang diperlukan :
      1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher berdasarkan Quota harga sekitar Rp.750.000,-
      2.Perlu tiang antena bisa dari bambu untuk menangkap sinyal 4G/3G agar internet yang didapat lebih kencang.
      3.Perlu antena dan kabel antena untuk menangkap sinyal 4G nya. Harga sekitar Rp.350.000,-
      4.Perlu Modem 3G/4G harga sekitar Rp.400.000,-.
      5.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifi harga sekitar Rp.500.000,-

    1. coba cari tempat Kursus Komputer dan Jaringan di kota anda, biasanya diajari juga wifi/hotspot. Sebenarnya sih mudah dipelajari, hanya mikrotik yang agak susah dipelajari.

  19. Assalamualaikum
    Gan saya langganan indihome dirumah, rencananya pengen di buat usaha hotspot gtu, apa aja yg di butuhkan perlengkapannya? Mohon bantuannya saya masih awan.

  20. Assalamualaikum,
    Gan kalo misalkan udh ada indohome bisa langsung bisnis hotspot wifi ini ato pake peralatan lainnya? Kalo pake yg mana aja gan? (Mohon infonya gan saya kurang paham)

    1. sebenarnya langsung bisa saja, tapi perlu dicatat manual kapan user A habis dan kapan user B habis. Password tidak cukup untuk keamanan, catat mac address HP user di modem Indihome. hanya user yang tercatat mac addressnya saja yang bisa akses internet, selain yag terdaftar di blokir meskipun tahu passwordnya. Kalau mau pakai sistem voucher wifi, perlu router mikrotik dan peralatan akses point.

        1. Peralatan yang diperlukan :
          1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher harga sekitar Rp.750.000,-
          2.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifi harga sekitar Rp.500.000,-
          3.Jika ingin jangkauan lebih luas perlu tiang antena bisa pakai bambu, beli kabel LAN 15 meter Rp. 150.000,-

  21. Gan kalo saya mau bisnis wifi hotspot sudah ada telkom indihome, peralatan apa aja yg diperlukan?

    1. Peralatan yang diperlukan :
      1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher harga sekitar Rp.750.000,-
      2.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifi harga sekitar Rp.500.000,-
      3.Jika ingin jangkauan lebih luas perlu tiang antena bisa pakai bambu, beli kabel LAN 15 meter Rp.150.000,-

  22. Assalamualaikum,
    Gan, Mau tanya seputar WiFi-id… apakah setelah user yg kita kasih voucher lewat router mikrotik bisa men-share internetnya ke user yg lain lewat hotspot HP-nya?..

    1. @wifi.id tidak perlu mikrotik, Voucher langsung dari Telkom, cukup peralatan dari Telkom aja… User yang menggunakan @wifi.id bisa share, tergantung device yang dipakai mendukung untuk share gak ???

    1. Router Mikrotik RB750r2 harga sekitar Rp.600.000,- Lisensi Level 4 bisa untuk Wifi 20 User online bersamaan. Sedangkan Router RB450 harga kisaran 1,2 juta ke atas Lisensi Level 5 bisa untuk Wifi 50 User online bersamaan. Router Mikrotik RB1100Dx4 harga sekitar Rp.4,5 juta bisa online user wifi secara bersamaan unlimited.

  23. Ass. Min, mohon penjelasan :
    Dikota kota itukan banyak layanan wifi gratis, emang mereka nggak bayar ya ke telkom.. bisa bisanya digratisin.. apa sayaggk bisa jadi penyedia layanan wifi gratis..? kalau bisa mohon pencerahannya. tengmin..

    1. Wifi Gratis itu kan untuk layanan tambahan biar pelanggan tambah ramai, keuntungan dari bisnis lain. Tetep bayar internet ke Telkom. Kalau voucher wifi 2 jam misal dijual Rp.1.000,- terus orang nongkrong di Cafe pesan minuman makanan bisa habis Rp.100.000,- untung sudah gede jadi wifi digratiskan.. Bisa juga harga makanan-minuman dinaikkan 1.000-2.000 untuk layanan tambahan wifi, pelanggan tidak tahu kalau tagihannya sudah termasuk biaya wifi. Kalau Warkop di kampung banyak saingan, bisa jadi gratis wifi biar pelanggan pada pindah yg ada wifi gratisnya. biaya internet Rp250.000,- perbulan tapi keuntungan bisa tambah jutaan per bulan.

  24. Saya pemula dalam bisnis wifi,jadi saya sudah pnya modem dan router tplink tl mr3420,jadi alat ap lgi yg perlu sya beli?

    1. sudah berlangganan internet belum?? yang pasti mesti ada Router Board Mikrotik yang berguna untuk membuat voucher wifi dan membatasi pemakaian setiap usernya..

  25. Wifi kecilan pasang di rental ps misal smartfreen yg paling murah bulananya, apa tetep pake mikrotik ya gan? Misal sinyal kuat apa perlu tambahan penguat sinyal ?

    1. mikrotik fungsinya untuk membuat voucher dan mengatur penggunaan internet tiap user, terutama jika banyak user yang online bareng. Kalau user sedikit dan gak lama wifian gak perlu mikrotik.

  26. saya berlangganan paket internet unlimited 30 hari….dan sy sdh memiliki laptop prosesor amd
    untuk membuka bisnis wifi hingga jarak 5 km apa saja yang diperlukan? mohon jenis/dan merk peralatan yang digunakan

    1. Peralatan yang diperlukan :
      1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher harga sekitar Rp.750.000,-
      2.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifi harga sekitar Rp.500.000,-
      3.Jika ingin jangkauan lebih luas perlu tiang antena bisa pakai bambu, beli kabel LAN 15 meter Rp.150.000,-

  27. assalaamu’alaikum Min,
    d Kntr Desa saya ada layanan gratis wifi, tp jarak rumah saya krg lbh 1,5 km dr Kntr tsb,
    apakah alat no 2 d ats (Wireless Outdoor Access Point) bisa menangkap sinyal dr rmh saya?
    klu bsa apakah bisa disebarkan lagi?
    trm ksh

    1. 1,5 km termasuk jauh, harus point to pont, dua alat diarahkan saling berhadapan, pakai tower tidak boleh terhalang bangunan atau pohon. baru bisa konek lancar.

  28. Mas mau tanya kira2 kalau pertama kali pasang wifi di rumah itu butuh modal berapa berapa mas

    1. Kalau hanya pasang untuk di rumah Indihome kena biaya pemasangan Rp150.000,- sama biaya langganan bulanan sesuai Paket yang dipilih.

  29. Agus salim
    Sya baru baca artikel ini dn sangt trtarik utk pluang bisnis wifi krn didesa sya blum ada pelaku usaha ini.tp blum caranya.skrang sya usaha jual plsa,PLN dll.sya punya modm wifi andromax smartfren dn laptop.bgmana mmulai usaha wifi ini dn pralatan apa yg hars sya bli?

  30. Saya sudah berlangganan inet fiber optic myre****** dan sudah saya share pake eap khusus security komplek, kalo saya mau share lagi dengan akses vocer, alat apalagi yg harus saya butuhkan,tks pencerahannya

    1. Peralatan yang diperlukan :
      1.Perlu alat Router Mikrotik untuk membuat voucher harga sekitar Rp.750.000,-
      2.Perlu peralatan akses point untuk memancarkan wifi harga sekitar Rp.500.000,-
      3.Jika ingin jangkauan lebih luas perlu tiang antena bisa pakai bambu, beli kabel LAN 15 meter Rp.150.000,-

  31. saya sudah mulai usaha wifi. cuman saya bingung bagaimana cara mengkaitkan pembelian voucher dengan menggunakan pemotongan pulsa pembeli/pelanggan. mohon pencerahannya master.

    1. Pertama harus punya server untuk jualan wifi secara online, bisa pakai server yg biasa untuk jualan pulsa, misal dengan software server pulsa Otomax. Kedua ada cara pembayaran dengan potong pulsa, dengan bergabung perusahaan yang melayani Payment Gateway lewat potong pulsa, misal bisa bergabung dengan codashop

  32. maaf mas bro agan,q mau tanya setelah membaca artikel ini jadi minat n tertarik begini saya pingin buka wifi utk di komersilkan tpi sayang ga punya perangkat PC atau laptop gmna klo dgn hp andtoid ?dan kebetulan dulu rumah pernah di pasang tlp dan sempet di pasang Tp link gmna klo itu diaktifkan lagi mohon arahan dan petunjuk mekanis teknisnya trimakash

  33. menarik bisnis wifi dirumah sendiri . . .
    malam gan, q baru aja berlangganan dgn telkom speedy tapi aku kesulitan untuk menyebar wifi telkom menggunakan tp link cpe220, sempat seh setting dgn melihat revieu melalui youtube dan situs2 lainya tp signal qualitynya timbul tenggelam., mohon petunjuk gan? adakah cara lain dari agan untuk menyebar wifi telkom rumah menggunakan tp link cpe220?

    1. Sinyal wifi memang terbatas kalau langsung ditangkap HP, susah tembus tembok, sinyal wifi paling sekitar 50-100 meter jika harus masuk rumah. agar bisa jauh dan stabil biasanya untuk penerimanya juga perlu antena dan peralatan akses point, dan tidak boleh terhalang bangunan atau pohon (point to point).

  34. Asalamualaikum,min mohon dibantu dirumah saya sudah pasang idihome modem zte yg sudah ada wifinya saya jg udah beli mikrotik rb750g dan untuk acses point tp-link cpe220..untuk configurasi antara speedy dan mikrotik sudah lancar hanya untuk mikrotik ke acses point nya masih belum bisa.. untuk setingan hotspot dari modem speedy ke acses point tplink cpe220 nya itu configurasinya seperti apa yaa gan.. mohon dibantu pencerahanya gan… terimakasih sebelumnya

  35. Gan tertarik , saya sudah pasang indihome dirumah, warung kopi saya agak jauh dr rumah sekitar 60m dr rumah, rencananya mau pake hotspotan untuk warung sayagmn caranya biar wifi nyampek warung saya gam

  36. Mas, kalau sewa router atau modem apakah bs batasi kuota pemakaian dari paket data yg ditawarkan?

    1. Router Modem bisa setting kecepatan internetnya nya, kalau mau batasi Quota harus pakai Mikrotik.

  37. Mas, kalau bisnis sewa router atau modem apakah bs batasi kuota pemakaian dari paket data yg ditawarkan?

  38. Saya punya kos sudah pasang wifi , AP jg sudah ada , cm tinggal mau bagi bandwith utk 15 user biar tidak tarik2an, harus pake mikrotik jenis apa? Dan apakah modelnya dg voucer atau binding mac ?

    1. berlangganan internet Telkom terlebih dahulu nanti dapat modem wifi, kalau mau pakai sistem voucher, harus beli alat-alat lagi mikrotik dan Akses Point, dan pakai jasa setting mikrotik.

  39. Maaf…sy pemula dan baru mau memulai bisnis jaringan…..kira2 microtik apa yg cocok sy gunakan….di rumah saya pake modem fiber home dari telkom…terima kasih atas perhatian dan jawabanx

  40. Kalau sudah berlangganan Indihome tapi wifi indihome nya juga kami sewakan ke tetangga gimana??
    Soalnya susah cara ngatur waktunya sebab kan harus ganti-ganti paspod kalau waktunya si penyewa wifi di tempat kami sudah habis sedangkan penyewa yang satunya lagi & satunya lagi dan yang lain-lainnya belum habis waktunya untuk ganti paspod jadi kan repot, bingung, & gak enak pula sama yang ikutan sewa nimbrung wifi indihome di kami??

    1. Perlu alat Mikrotik untuk bikin voucher, pemakaian pelanggan tergantung voucher yang dibeli, voucher habis otomatis internetnya habis, tidak mempengaruhi pelanggan yang lain.

  41. Maaf ni, z brencana usaha wifi di kios ukuran 4×6 mtr. Brhubung z sangat awam dgn ini, bolehkh minta di pasangin dr pihak indihome? Trims

  42. Min saya Ali di Palembang,saya masih awam mohon di bimbing,pengen buka usaha WiFi tapi di sini blomada Indihome/sinyal tlkomsel-xl-indosat dll aja masih sangat sulit.solusinya gimana?perangkat apa aja yang harus ku beli+gimana cara pemasangannya mohon pencerahannya,mengingat di dusun kami banyak yang membutuhkan in net. Sebelumnya tks

  43. Maaf sy pemula,jika ingin buka bisnis wifi tanpa pc atau laptop bisa apa tidak soalnya dana terbatas tapi keinginan kuat??untuk printer menggunakan printer bluetooth aja misalnya,g usah pke printer yg bagus jg,mohon pencerahan ny

    1. kalau sudah jalan bisa pakai HP untuk bikin vouchernya, voucher gak harus dicetak, cukup kodenya dari HP.

  44. Siang gan.. Saya mau bikin wifi tuk Kontrakan, user s/d 25 kamar”. Radius 45.mtr, telkom blm ada msk. Baiknya saran make alat apa gan? Tx

    1. Kalau gak ada telkom gak maksimal, internet telkom paling bagus dan murah meriah. Coba aja pakai paketBolt Home atau XL Home, sudah termasuk alat.

  45. Mas mimin..Numpang coret2 min
    aq ada keinginan untuk buka wifi hotspot jarak jangkauan 50-100 meter.

    Kira kira AP outdoor yg bagus apa?

    Lg nicil alat dulu
    Microtic sudah ada,
    Connect Paling 5-10 user HP-Laptop,
    Budget AP dibawah 1 jt

    Mohon pencerahannya🙏

  46. Gan, saya mau jualan hotspot yang jaraknya rumah saya saja, saya sudah pasangak wifi indihome… Bisa nggak cuman pakai mikrotik doang?

  47. saya sudah menggunakan speedy sudah 10 tahun dan sudah optik
    bagaimana caranya untuk berbisnis hotspot wifi untuk di area rumah saja
    saya masih sangat awam untuk usaha ini

  48. min saya masih fomula gimana cara mengetahui pket per JAMnya, Misalkan kita berlangganan Paket Data Telkomsel 40GB 24jam harga Rp.500.000,- berarti harga 1 Gb Rp.12.800,- kita bisa jual Wifi 1 Gb Rp.25.000,- atau 500Mb seharga Rp.15.000,-

    1. Kalau pakai internet 4G dengan Paket Data jangan jual voucher perjam, harus jual voucher sistem Quota. Harga jual sebaiknya lebih murah dari harga Quota 1Gb/512Mb dari Telkomsel.

  49. Saya orang awam min, dirumah kan pasang wifi bolt home, kalau mau memperkuat sinyal dan jarak jangkauan apa bisa pakai tp link soalnya saya memang benar2 kurang tahu guna tp link, mksh…

  50. selamat malam.. mau nanya min..saya menggunakan indihome optik.. saya tertarik dgn usaha ini.. yg ingin saya tanyakan.. apakah boleh saya pakai app settingan router nya yg ZTE untuk memulai usaha ini.. artinya bahwa target yg mau saya jalankan hanya dgn sewa wifi bulanan kpd beberapa pengguna saja yg berada d rmh kost saya.. ada settingannya kan min..dari MAC yg kita gak kenal bisa kita block.. apakah dgn caraku ini efisien min? minta saran dong min.. trims

    1. bisa , tapi sebaiknya pelanggan wajib ambil yang mingguan atau bulanan. jadi gak repot sering otak-atik modem routernya. kalau routernya ada pengaturan bandwitdh lebih bagus lagi karena pelanggan bisa dijatah kecepatannya.

  51. Bro admin…saya mau buka food truck yg berarti mobile kemana2 rencananya ada fasilitas wifi free.estimasi user max 30 org.dengan settingan jarak saya batasi (ngurangin resiko bocor) maximal 10meter. Kira2 peralatan apa yg dibutuhkan? dan provider apa yg bisa saya pakai?

    1. pernah dengar Warung Pintar ?? Kiosnya ada wifi gratis pakai internet BOLT.
      Bolt ada paket unlimited. Kalau mau pindah-pindah bisa juga pakai XL HOME karena ada paket murahnya.
      Cukup Modem Wifi bawaan dari providernya, tapi password sering diganti. Kecuali pakai voucher berbayar baru perlu peralatan tambahan.

  52. saya tertarik untuk bisnis penyewaan wifi… untuk pemula seperti saya gimana kita bisa bisa berlangganan paket indihome dan berapa biayanya

  53. malam Bang, sy mo nanya, di daerah saya ada yg bisnis Wifi vocer tapi kalo sudah masuk ke dalam rumah jaringan wifinya hilang, nah saya pengennya bisa wifi dari dalam rumah gak perlu keluar rumah lagi, kira2 alat apa yg perlu saya beli ya bang, mksi

  54. Kalo ini termasuk ilegal GX min, soallny baca2 yang lain kalo Rt/rw-net katanya ilegal ya min,

  55. Mlm gan, saya mau tanya. Klo pake ubiqu sinyalku bisa nambah antena akses point untuk clint yg jarak.a jauh gk.. Maaf pemula juga gan..

  56. Pagi gan, saya mau tanya. Klo pake ubiqu sinyalku bisa nambah antena akses point untuk clint yg jarak.a jauh gk.. Maaf pemula juga gan..

  57. Bos…sy buka warkop.mau pasang free WiFi agar lebih tertarik.jaringan apa ya yang biasa pakai buat warkop dan internetnya kenceng?mksh bnyk

  58. Bos…sy buka warkop.mau pasang free WiFi agar lebih tertarik.jaringan apa ya yang biasa pakai buat warkop dan internetnya kenceng?tp hrgnya murah.mksh bnyk

    1. pertama internet yang bisa diakses di lokasi apa aja??? kalau banyak pilihan tinggal pilih yang sesuai harapan. kebanyakan pakai indihome.

  59. Maaf pemula gan…. mau tanya kalau mau memancarkan sinyal internet jarak jauh tapi tempat saya belum ada tower dan target sudah ada towernya, jarak 7km. Yg tanpa saya mendirikan tower karena kendala dana solusinya gimana yah…. radio apa yg cocok untuk gan

    1. kalau pemula main nya sekitaran rumah aja.. kalau 7 km itu harus diserahkan ke yg sudah profesional. 7 km keduanya harus pakai tower dan peralatan juga yang bagus/mahal.

  60. Saya mau tanya, saya baru pake wifi indihome cara mencetak vouchernya pake aplikasi apa ya gan? Atau sudah tersedia di aplikasi wifi indihomenya? Mohon penjelasannya gan

  61. Assalamualaikum gan, saya rencana mau memasang wifi indihome di asrama saya, kira kira penghuninya 40 org lebih dari 20 kamar. Pertanyaan nya bagaimana manajemen tiap-tiap user, bisa ya gak pakai router microtik, supaya saya tinggal atur beban tagihan tiap-tiap kamar tersebut,

    Mohon dijelaskan gan!

  62. Saya pemula,ingin bikin stasiun hotspot bisa menerima dan memancarkan kembali signal internet tapi saya bermukim dipedalaman bisa nggak ya? namun alat alat yang digunakan atau diperlukan juga tidak tahu,tolong dong alat yang perlu dipersiapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *