Membangun Wifi Voucheran area luas bagi pemula

Bagi pemula yang ingin membangun Wifi Hotspot kadang berpikir, bahwa Wifi Hotspot itu seperti BTS yang dapat menjangkau area luas dan dapat langsung diterima handphone. Sering kali mereka berpikir ingin menjangkau area luas satu kampung / satu desa bisa hanya dengan satu alat saja.

Untuk membuka usaha Wifi Hotspot minimal memerlukan alat-alat:

  1. Modem untuk berlangganan internet yang akan disebar kembali kepada pelanggan. Ada kalanya perlu beberapa modem untuk keperluan bandwidth yang lebih besar, atau untuk keperluan saling mem-backup.
  2. Router Board Mikrotik sangat penting untuk berbagai keperluan, seperti membagi bandwidth untuk masing-masing user, menggabungkan beberapa modem, yang paling penting adalah membuat voucher wifi, dll.
  3. Akses Point adalah alat yang memancarkan sinyal wifi agar bisa ditangkap pelanggan.

Indoor Akses Point
Untuk warkop atau cafe perlu indoor Akses Point, yakni peralatan yg hanya bisa digunakan di dalam ruangan karena tidak tahan air/cuaca bisa rusak jika kena air. Jangkauan hanya di dalam ruangan saja.

Indoor Akses Point ada 2 macam frekuensi yakni 2,4 GHz dan 5 GHz. Yang paling umum dan yang paling banyak digunakan adalah yang 2,4 GHz.

Untuk pengguna yang jumlahnya banyak seperti di dalam Cafe / Rumah Makan / Aula yang luas, sebaiknya menggunakan Akses Point yang dengan frekuensi kedua-duanya. Karena memenuhi kebutuhan semua jenis handphone pengguna.

Karena ruangan yang sangat luas, atau ruangan dalam jumlah banyak seperti Hotel, agar semua area dapat tercover wifi maka diperlukan banyak peralatan Indoor Akses Point.

Outdoor Akses Point
Sedangkan untuk pengguna handphone di luar bangunan, atau berada di lokasi lain dari Wifi Hotspot, perlu alat Outdoor Akses Point. Sinyal Wifi alat ini bisa langsung ditangkap handphone dalam jarak sekitar 100 meter tanpa halangan. Sedangkan sesama Outdoor Akses Point jika saling terhubung bisa mencapai belasan Kilo Meter dengan syarat tidak terhalang bangunan/pohon dalam kondisi los.

Berbeda dengan BTS yang memiliki antena ukuran besar dan power yang besar, Outdoor Akses Point sering kali tidak berfungsi jika harus menembus tembok, atau terhalang pepohonan. Jadi pengguna handphone dalam rumah sulit mendapatkan sambungan internet dengan lancar.

Indoor plus Outdoor Akses Point
Agar lancar berinternet maka pelanggan rumahan wifi perlu alat Outdoor Akses Point dan Indoor Akses Point. Jarak yang bisa dijangkau bisa sangat jauh tergantung ketinggian posisi Outdoor Akses point agar terhubung tanpa halangan apapun.

Kita sudah memiliki gambaran bahwa membangun Wifi dengan area yang sangat luas, tidak cukup dengan satu alat Akses Point saja. Tapi juga perlu peralatan tambahan untuk pelanggan wifi.

Jaringan Wifi Area Luas
Seperti halnya jaringan BTS Celular, begitu juga jaringan wifi perlu beberapa tower untuk pemancar-pemancar wifinya. Katakanlah Wifi Pusat dan Wifi-Wifi Cabang.

Dalam jarak tertentu pada area-area yang strategis perlu dibangun sebuah repeater untuk memperluas jangkauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *