Wifi Corner #WarnetZamanNow

Peluang usaha WIFI Modal gratis kecepatan donwload dan upload sama hingga 100 Mbps , tidak kena biaya pemasangan dan biaya bulanan telkom. Hanya membayar Rp.500.000,- di awal pemasangan untuk mendapatkan Voucher Wifi untuk dijual. Selanjut bebas Top Up untuk stok Voucher Wifi.

Wifi Corner sangat cocok untuk tempat usaha yang ingin memberikan Layanan Tambahan buat Pelanggan mereka, seperti Warnet, Cafe, Bengkel, Salon, Rumah Makan, Warung Kopi, dll. Tidak cocok untuk yang baru ingin membuka usaha hanya Layanan Wifi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Telkom telah menggelar layanan WiFi.id Corner (WiCo) di berbagai kota sebagai sarana edukasi internet bagi publik. WiFi.Id corner tersebut umumnya berlokasi di Plasa Telkom dan area publik tertentu yang melayani kebutuhan masyarakat umum untuk mengakses internet dengan harga relatif terjangkau.

Terinsipirasi keberhasilan layanan Wartel di masa lalu yang selain bisa menjadi solusi penyediaan layanan telekomunikasi, juga berhasil membuka lahan usaha bagi kalangan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan mereka, maka Telkom bermaksud memperluas jangkauan penggelaran WiFi.id corner dengan melibatkan peran serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjalankan bisnis Warnet 2.0 yang merupakan metamorfosis konsep bisnis warnet dengan mengadopsi fenomena WiFi Everywhere dan Bring Your Own Device (BYOD).

WiCo 2.0 adalah layanan WiFi.id untuk publik yang diselenggarakan oleh Telkom bekerjasama dengan mitra dari kalangan pelaku UKM yang berperan menyediakan lokasi dan melakukan penjualan voucher WiFi.id kepada pengguna internet untuk digunakan di tempat tersebut. Melalui kehadiran WiCo 2.0, pelaku UKM dapat mengembangkan peluang bisnis baru dengan mudah melalui penjualan voucher WiFi.id secara digital dengan skema bagi hasil. Usaha WiCo 2.0 sangat cocok dilakukan oleh kaum perempuan sebagai usaha rumahan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Proses pendaftaran dan pengelolaan layanan WiCo 2.0 seluruhnya telah dilakukan secara digital melalui mobile apps yang dapat diunduh di Google Play dan App Store dengan nama “MyWiCo”.

Syarat untuk mendaftar bisnis Wifi Corner :

  1. Tempat usaha sudah dilewati jaringan Kabel Optic Telkom.
  2. download aplikasi MyWico di handphone.
  3. Siapkan KTP untuk difoto pada saat pendaftaran.
  4. Siapkan NPWP untuk difoto.
  5. Siapkan SIUP untuk difoto.
  6. Siapkan Logo untuk tampilan awal WIFI.
  7. Siapkan Foto untuk tampilan awal WIFI.
  8. Siapkan nomor rekening Bank.
  9. Tidak kena biaya pemasangan/bulanan telkom, tetapi membayar Rp.500.000,- diawal pemasangan dan mendapat kompensasi Voucher Wifi sebagai modal berjualan Voucher Wifi. Selanjutnya untuk deposit Voucher bebas Top Up berapa saja.

Perlu diingat bahwa sebelum memasang Wifi Corner kita harus sudah memiliki Usaha yang sudah berjalan, sehingga Wifi Corner adalah Layanan tambahan bagi usaha kita.

Contoh tempat Usaha yang cocok dipasang Wifi Corner misalnya : Warnet, Cafe, Rumah Makan, Salon, Bengkel, Bengkel, Warung Makan, Warung Kopi, dll.

Tentu saja ada kelebihan dan kurangan dalam menyediakan Layanan Wifi Corner.

Kelebihan dan manfaat dengan berlangganan  WIFI CORNER :

  1. Tempat usaha kita memiliki nilai tambah dengan adanya Layanan Wifi kecepatan tinggi hingga 100 mbps.
  2. Pengunjung Tempat Usaha kita jadi bertambah ramai.
  3. Kita bisa memberikan Bonus kepada pelanggan Tempat Usaha kita dengan Wifi murah atau Gratis, sehingga pelanggan kita bertambah puas.
  4. Semua sudah diseting dari pihak Telkom. Kita tidak perlu repot, cukup menyediakan colokan listrik.
  5. Tidak perlu repot membuat voucher wifi, semua sudah disediakan otomatis cukup buka aplikasi MyWico dari smartphone kita.
  6. Download film/game/aplikasi sepuasnya hingga kecepatan 100 Mbps.
  7. Memiliki koneksi internet yang bisa upload hingga 100 Mbps, membuka peluang usaha server website.
  8. Welcome Page sesuai keinginan pemilik Venue
  9.  Voucher Management System (utk Generate /cetak Voucher Mandiri)
  10. Tarif bebas ditentukan pemilik Venue sumber income tambahan
  11. Joining Fee sebesar Rp.500ribu dpt di Konversi menjadi 204 unit Voucher.
  12. Discon 50% utk isi ulang Voucher lebih dari 500 unit, Discon 30% utk pembelian kurang dr 500.
  13. Batas bawah Tarif Voucher Rp3500/per 2 Jam tarif dpt disesuaikan keinginan pemilik Venue
  14. Akses Inet unlimitted Quota Upload/download) Non FUP
  15. Perangkat AccessPoint (AP) dipinjamkan selama berlangganan.
  16. Bebas biaya pasang baru dgn Kabel Fiber Optik (tidak termasuk Deposit biaya IKG jika pemasangan di Gedung2 HRB)
  17. Layanan Internet kecepatan tinggi upto 100Mbps
  18. Bebas Biaya Langganan Bulanan
  19. SLG 95% Help Desk MTTR 7×24 Jam call ke 1500250

Kekurangan Wifi Corner :

  1. Kita harus memiliki usaha yang sudah berjalan, dan dilewati kabel optik Telkom.
  2. Harga Voucer Wifi Wico 2.0 kurang begitu menarik karena hanya ada satu jenis voucher untuk paket 2 jam.
  3. Wifi Corner memiliki multi SSID , tergantung setingan dari telkom biasanya ada 3 SSID wifi ; Pertama SSID Wifi  WICO sesuai keinginan kita hanya bisa diakses lewat Vocher yang kita jual. Kedua SSID @wifi.id bisa diakses siapapun dengan voucher pihak lain atau potong pulsa. Ketiga SSID Wifi flashzone-seamless yang bisa diakses oleh pengguna kartu Telkomsel. Ada juga SSID telkom yang lain yang mungkin ikut ditampilkan.
  4. Menurut info dari admin facebook WICO, Voucher Wifi yang belum digunakan akan hangus dalam waktu 1 bulan. Agar tidak kadaluarsa kita harus Top Up saldo lagi sebelum 1 bulan.
  5. Peralatan Akses Point yang kita dapat Huawai WA201DK-NE hanya efektif untuk indoor dengan radius sekitar 15 meter. Jika tanpa halangan bisa hingga 100meter (sinyal 2-3 bar) 150 meter (sinyal 1-2 bar). Peralatan ini bisa nempel di dinding atau dipasang di atap ruangan. Kita tidak dapat menambahkan peralatan Repeater.
  6. Pelanggan secara bersamaan yang dapat mengakses internet terbatas hanya 16 user. Jadi kalau perkiraan banyak yang pakai silahkan pasang beberapa Akses Point pada saat mengajukan pendaftaran.
  7. Kecepatan Internet yang didapat belum tentu 100Mbps, tergantung jaringan di lokasi kita, dan pertimbangan penilaian efektivitas dari Telkom.
  8. Kita harus menjaga/menanggung perawatan peralatan Modem dan Akses Point dari Telkom.
  9. Kita menanggung/menyediakan Listrik untuk peralatan wifi milik Telkom, stop kontak untuk Charger Handphone pelanggan, dan stop kontak untuk adaptor Lap Top pelanggan.
  10. Telkom berhak memutuskan Wifi Corner kita kapan saja, jika dianggap tidak efektif (misal Wifi sering dimatikan dan jarang online).

 

Website Resminya : http://smartbisnis.id/wico/

51 comments on “Wifi Corner #WarnetZamanNow

    1. Kita dapat multi SSID, sebenarnya telkom ada bermacam-macam SSID wifi.id. Kalau di tempat saya, sama telkom diset ada 3 SSID :
      1. SSID WICO sesuai tempat kita misal WifiCornerMerbabu
      2. SSID @wifi.id bisa pakai voucher atau potong pulsa Telkomsel, XL, Indosat
      3. SSID flashzone-seamless untuk pelanggan telkomsel
      Tadinya saya berharap ada seamless@widi.id sama free@wifi.id

    1. Yang penting sudah memiliki usaha yang sudah berjalan dan punya NPWP. Sebaiknya coba langsung hubungi telkom, apalagi jika bisa berhubungan dengan marketing khusus WICO di wilayah anda. Saya waktu mendaftar gak punya SIUP, bisa diganti Surat Keterangan Usaha.

    1. WIFI CORNER itu produknya Telkom 100% kabel optik up to 100 Mbps.. Jadi syaratnya harus tersedia Kabel Optik Telkom di lokasi kita.

      Kalau mau buka Hotspot Wifi bisa aja pakai Satelit, pakai modem 3G/4G, dll.

  1. Pembayaran awal 500 rb, bayar dimana, soalnya pernah ke telkom buat bayar, malah ditanya nomor id pelanggan…teknisix nggk kasih tau kita…linglung

    1. sudah download aplikasi My Wico di HP android ?? pilih menu –>> Voucher Management –> Top up Balance —> ketik Nominal Top UP 500.000 —> Cek Harga —> dapat kode seperti nomor telephone –> ke Alfamart atau ATM pilih menu pembayaran telpon (kena biaya admin 2.500 —> Saldo masuk berupa jumlah voucher..

  2. Sy berminat..alamat jl.DI panjaitan desa babakan losari lor kec.pabedilan cirebon hp :085324112222

    1. download aplikasi MyWico di hp android, pendaftaran langsung dari aplikasi android. Siapkan syarat-syarat yang diperlukan, selengkapnya seperti artikel diatas.. Lokasi harus sudah tercover Kabel Optic Telkom Indihome ya…

  3. Comment
    repot nih,,ngga kebagian ngga jalur kabel FO telkom, kalo pake kartu GSM 4 G, saran pake kartu apa yang unlimited

  4. Bth brp lama proses mengajukan smp pemasangan???sy dr april smp skg blm da tndak lnjut..pdhl dproses aplikasi sdh d acc..

    1. Mungkin tehnisinya sudah cek lokasi, jaringan kabel optiknya penuh, atau optiknya belum menjangkau ke lokasi. Coba aja datang langsung ke Plaza Telkom atau telpon ke 1500250. Saya waktu itu gak sampai seminggu langsung aktif.

  5. Saya masih bingung, harga modalnya berapa vouchernya? Trus paket yang 5000 itu masih ada gak? Atau sekarang hanya ada paket 3500.. Lalu untuk yang hangus satu bulan itu maksudnya kayak masa aktif gitu ya? Atau memang setelah satu bulan hangus harus beli baru.. Terima kasih sebelumnya..

    1. 3500 khusus untuk ssid Wifi Corner, sedangkan 5.000 / 6 jam bisa tapi untuk ssid @wifi.id, kalau kita top up tgl. 26 Juli 2018 maka masa kadaluarsa voucher yang sudah digenerate adalah 26 Agustus 2018. kalau kita top up lagi 10 Agustus 2018, maka kadaluarsa voucher otomatis mundur 1 bulan jadi 10 September 2018.

  6. Ok saran dtrima om..untk call langsung..
    Untuk fo sdh ready krn sy jg buka warnet,kl mslh penuh ato tdk blm pasti krn bkn dkota besar..

  7. numpang nanya ya min ….
    saya sudah punya usaha warung kopi :
    1. sama saja biaya awalnya hanya 500 ribu khan(dikasih kartu voucher) ?
    2. kalau seandainya saya tidak top up untuk bulan berikutnya(katakanlah tidak ada duit) ,sehingga pelanggan saya hanya bisa daftar melalui potong pulsa agar bisa menggunakan wifi id corner, apakah akan dicabut wifi id corner dari rumah saya ?
    3. apakah saya akan kena pajak bulanan dari telkomsel ketika rumah saya sudah menyediakan tempat untuk wifi id corner ?

    1. 1. Voucher Elektrik bukan voucher fisik dari aplikasi android.
      2. Wajib tiap bulan Top Up, bebas kok Rp.25.000,- juga bisa. kalau gak top up voucher yg belum terjual bisa hangus kadaluarsa. Kalau warung kopi justru yang laris voucher yang 2 jam, gak bisa lewat potong pulsa. Kalau gak efektif wifi.id bisa dicabut.
      3. Tidak ada pajak, biaya bulanan, atau biaya tambahan lain.

  8. Bismillah, maaf gan mau nanya,
    klo mau pasang di wilayah aku gimana caranya?
    kita dapat keuntungan apa saja gan?
    misalkan aku pasang dirumah bisa ga tuh? wifi corner
    jumlah AP itu apa gan? maaf ini masih awam bngt, tp pengen belajar bisnis wifi corner.

    1. Syarat WIFI CORNER harus sudah punya usaha seperti warung kopi, salon, bengkel, sebagai bisnis tambahan. Kalau mau pasang buat di rumah gak bisa. Kalau @wifi.id bebas mau pasang di rumah bisa tapi kena biaya bulanan. Daerahnya sudah ada kabel optik indihome belum??? Mau pasang? download aplikasi MyWico di Handphone.

  9. CommentDaerah Grabag , Magelang hanya bisa bengong melihat ini semua. Moga segera menyusul diadakan.
    Banyak tempat2 publik strategis yg belum tersentuh.

  10. kami punya usaha penginapan, pulsa, mini atm, area obwis pantai parangtritis, skrng sdh pake indihome fo, saya ingin di tempat kami pasang di pasang wifi corner

    1. download aplikasi MyWico di hp android, pendaftaran langsung dari aplikasi android. Siapkan syarat-syarat yang diperlukan, selengkapnya seperti artikel diatas.

  11. CommentSaya sudah pasang tp tetap kena biaya langganan 300.000 dan karena saya tidak pernah bayar lagi saya dapat kabar kalau wifi id nya mau dicabut padahal saya dan pelanggan kan sering pake yg versi voucher.

  12. sudah tanda tangan kontrak , untuk pemasangan nya berapa hari setelah selesai pendaftaran ?

  13. Min, di warunh dekat sekolah anak ada yg sediain wifi sepuasnya bayar 3000. Tp kok tanpa pakai voucher ya, kira” itu pakai layanan apa?

  14. Maaf mau tanya saya punya usaha konter pulsa mau dikembangkan ke wifi corner bisa gak yah? Misalkan tempat fisik usaha kita gak besar dan luas apakah pihak Telkom menilai layak tidaknya tempat usaha kita di jadikan wifi corner?

    1. coba aja download MyWico di android, daftar dari aplikasi, gak ada salahnya dicoba daftar. apalagi jika disekitar rumah belum ada wifi.id mungkin jadi pertimbangan sales telkom.

  15. Ma’af sebelumnya, berapa minimal voucher yang terjual dalam sebulan? dalam arti Kita sebulan harus minimal top up berapa? Apa kita juga bisa jualan voucher WiFi.id? Apa boleh menambahkan peralatan sendiri (AP outdoor/penguat sinyal outdoor) agar jangkauannya lebih luas?

    1. Deposit awal Rp.500.000,- berikutnya tiap bulan mau deposit Rp.25.000,- juga bisa.
      Discon 30% utk pembelian kurang dr 500 voucher. Discon 50% utk isi ulang Voucher lebih dari 500 unit. Jadi kalau makin banyak laku untung tambah gede, karena diskon nya 50%. Target penjualan tidak ada, tetapi masa aktif voucher hanya 1 bulan, kalau tidak deposit voucher akan hangus.

      Tambah alat untuk repeater bisa, agar jangkauan lebih luas.

  16. Mau tanya.. warkop saya sudah selesai dipasang alatnya dan sudah dapat SSID, hanyaada 1 SSID nama warkop. Tapi di aplikasi mywico tempat saya dibilang belum selesai pasang (provisioning) jadi belum bisa bayar dan top up voucher. Kemarin sebelum dapat SSID masih ada SSID wifi.id jadi saya bisa jual voucher wifi.id. Kalau seperti ini, apakah yang SSID warkop tetap bisa pakai voucher wifi.id untuk akses internetnya?

  17. Min kalo ada muncul ssid @wifi.id kan gak laku ntar paket wico 2.0nya yg hanya 2 jam, bagaimana tuh cara akalinnya??

  18. Saya mau tanya,
    Misalkan user beli voucer wico 2 jam yg Rp3500.
    Apakah selama 2 jam itu harus di pakai semua atau bisa misalkan kita pakai 1 jam dulu trus qt logout dr applikasi yg satu jamnya buat besok misalkan busa gak. Terimakasih

    1. Sebelumnya bisa 1 hari, sekarang sudah gak bisa, begitu login langsung 2 jam berikutnya hangus. jadi harus dipakai 2 jam non stop.

  19. Met mlm min.. saya pnya usaha wifi pemasangan sndri dari indiehome 40mbps di depan pasar curug tangerang
    dari ujung dpn pasar smpe mentok saya tarik kabel Lan hingga 250 mter
    Stiap 50 mter saya pasang router yg dsambung pakai swict/hap
    Stiap router masing2 ada 9 pelanggan yg rata2 pedagang kaki lima
    Saat ini jumlah pelanggan aktif ada 42
    Setiap sore saya harus muter kaya rentenir tarik duit wifi Rp 3000/hari ke per pelanggan
    Yang jadi masalah yaitu jaringan sering lose bergantian dari router satu ke router yang lain walaupun jumlah pelanggan masih tetap sama
    Sampai saat ini saya masih manual blm pakai mikrotik karena selain jasa mereka mahal dan juga saya awan akan hal itu
    Adakah solusi termudah untuk problem usaha sampingan saya ini ?
    Mohon pencerahannya .. makasih banyak min

    1. harus pakai bandwidth management, sehingga masing-masing pelanggan di jatah kecepatan tertentu. Kalau langsung biasanya jika ada yang sedang download maka bandwithnya lari ke 1-2 pelanggan. batasi hanya mac address tertentu yang bisa internetan, jangan hanya mengandalkan password,

      Kalau pakai mikrotik bisa diatur pemakaian masing-masing user, kalau pakai voucher (bisa elektrik gak usah dicetak) yang butuh internet datang beli voucher. gak usah keliling kayak tukang kredit. bisa bikin voucher harian/mingguan/bulanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *