Januari : Hujan sehari-hari

Pepatah mengatakan Januari hujan sehari-hari. Lalu bagaimana dengan Pendaki Gunung yang ingin melakukan pendakian di bulan Januari? Apasih enaknya mendaki gunung di musim hujan. Beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sundoro sebenarnya lebih enak jika didaki di musim hujan, karena di musim kemarau sangat panas.

Sementara gunung yang masih berhutan lebat seperti gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, sungguh tidak nyaman didaki di musim penghujan. Meskipun Gunung Ciremei termasuk gunung yang agak kering, jika di musim penghujan jalur berubah menjadi selokan air. Gunung Ungaran kurang nyaman didaki di musim penghujan.

Banyak kerugian yang disebabkan oleh turunnya hujan yang tiada henti, salah satunya kita tidak bisa memotret karena takut kamera basah. Pemandangan alam yang indah juga tertutup kabut, apalagi di puncak kita tidak bisa menyaksikan keindahan alam nun jauh di bawah, hanya awan putih yang menyelimuti sekeliling kita.

Tas harus benar-benar rapat dan anti air, sehingga barang-barang terutama pakaian ganti tidak basah kena rembesan air. Beberapa pakaian kering harus dipersiapkan untuk persediaan jika ingin tetap merasa hangat di dalam tenda. Sarung tangan dan kaos kaki mungkin diperlukan ketika berkemah karena hawa yang ekstra dingin.

Makanan ringan atau cemilan sangat diperlukan untuk membuat suasana di dalam tenda tidak membosankan meski dibawah guyuran hujan. Bekal minuman sasetan seperti jahe, kopi atau susu sangat penting, untuk menambah suasana yang lebih hangat di dalam tenda.

Beberapa tempat di sekitar puncak gunung yang biasanya kering, di musim hujan sering menyisakan genangan air di sela-sela bebatuan, sehingga membuat pendaki cukup tenang berkemah karena ada persediaan air. Seperti Pasar Bubrah Merapi begitu juga Pos terakhir gunung Ciremei, cerukan di antara bebatuan sering terdapat genangan air hujan yang bersih.

Gunung Lawu jalur Cemoro Sewu cukup nyaman didaki di musim penghujan terdapat beberapa pondok/Shelter yang bisa digunakan untuk beristirahat berlindung dari guyuran hujan. Jalur pendakian berupa batuan yang ditata rapi seperti anak tangga membuat sepatu tidak kotor. Berbeda dengan jalur Cemoro Kandang yang sangat licin dan jalur berubah menjadi saluran air. Sepatu menjadi basah, kotor, dan kaki menjadi kedinginan. Namun di musim penghujan di puncak Lawu kadang kala ada badai.

Untuk gunung-gunung di Jawa Timur seperti gunung Semeru rawan badai di puncak, sedangkan gunung Arjuna Welirang cukup nyaman meskipun didaki di musim pengghujan, namun kita ada kemungkinan tidak bisa mendapatkan foto-foto pemandangan yang bagus.

Jalur pendakian yang lembab seperti gunung Salak, gunung Gede jalur selabintana, gunung Argopuro, gunung Ungaran, dll, di musim penghujan biasanya banyak terdapat lintah atau pacet.

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

 

.

.

Copyrights © 2001 - 2017 Merbabu.Com Powered by Propacom