MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung

Posted by Admin on 2015-12-06 01:10:53 UTC

Mendaki gunung adalah olahraga yang ekstrem, tenaga kita akan terkuras sepanjang hari terus menerus selama 2-3 hari bahkan bisa lebih.

Makanan yang bergizi sangat diperlukan, begitu juga dengan kebutuhan air minum yang lebih banyak dari keperluan sehari-hari karena mengeluarkan keringat yang berlebihan. 

Namun sayangnya banyak pendaki yang berbekal apa adanya, ketika mereka melakukan pendakian, apalagi anak-anak pelajar yang belum banyak pengalaman mendaki.

Bekal utama nomor satu adalah kebutuhan air minum, sehari-hari manusia perlu 2 liter air minum. Ketika mendaki gunung kebutuhan air minum bisa meningkat menjadi 4-5 liter per hari. Apalagi bila mendaki di siang hari di gunung-gunung yang gundul, seperti sumbing, sundoro, merbabu, merapi, siang hari panas sekali sehingga cepat haus.

Bekal pendaki biasanya mie instant, roti, biskuit, cemilan, botol air mineral. Roti dan roti tawar akan berjamur bila lebih dari dua hari. Roti kering atau biskuit bisa bertahan hingga beberapa hari. Membeli nasi bungkus di basecamp masih bisa dimakan 6 jam kemudian di gunung, agar bisa bertahan hingga lebih dari 12 jam, pisah kan nasi, lauk dan sayur di bungkus plastik yang terpisah. Bila sayur sudah basi biasanya nasi dan lauk masih bisa dimakan meskipun dingin.

Pendaki yang berkemah biasanya membawa peralatan masak, sehingga bisa menanak nasi. Agar tubuh lebih bertenaga makan nasi sangat baik bagi pendaki. Telur asin dan daging abon bisa bertahan beberapa hari dan sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan protein. Sambal yang digoreng, tempe orek, ikan asin dicabein, bisa jadi lauk yang sangat enak dan bisa bertahan selama beberapa hari.

Gula jawa, permen, madu atau coklat adalah camilan tambahan ketika sedang berjalan di gunung, bermanfaat memberikan tambahan kalori cepat. Buah apel sangat baik untuk menambah asupan serat dan vitamin, meskipun cukup berat dan memakan tempat di dalam tas, bawalah apel beberapa biji, dimakan minimal 1 biji per hari.

Susu sebaiknya dibawa dalam bentuk bubuk, siapkan dalam plastik kecil-kecil untuk sekali seduh, atau beli susu sasetan agar lebih praktis. Susu lebih enak dinikmati dalam keadaan hangat, dicampur madu banyak memberi manfaat bagi kesehatan.

Pilihlah camilan yang bermanfaat seperti kacang kedele goreng, jangan membawa camilan yang pedas dan asin sehingga membuat leher dan mulut kehausan. Sebaiknya lupakan minuman bersoda ataupun minuman berenergi apalagi minuman yang beralkohol, usahakan tetap minum air putih sebanyak mungkin.

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU