Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga

Sebelum mendaki gunung Merbabu kita dapat makan di Warung Makan Nasi Gudeg yang terletak di Pasar Sapi Salatiga. Warung ini terletak di dalam pasar di dekat pintu masuk. Sarapan sejenak sebelum naik bus jurusan Salatiga Kopeng.

Bagi para pendaki sangat disayangkan bila tidak sempat mampir mencoba makan di warung yang sudah sangat terkenal di Salatiga dan sekitarnya. Warung gudeg koyor milik Ibu Hj Sukini yang terletak di sebelah Timur gunung Merbabu ini bernama Nasi Gudeg Koyor Miroso.

Bagi yang tidak suka makan gudeg karena sudah berpikiran pasti manis, tidak ada salahnya bila menikmati gudeg yang satu ini "Gudeg Koyor". Paduan rasa manis, gurih, dan pilihan rasa pedas membuat lidah kita akan ketagihan. Selain itu terdapat campuran krecek, daun singkong dan kacang kedelai yang menambah kenikmatan Gudeg Koyor ini. Dipadukan dengan rasa asin "karak " atau krupuk gendar serta hangatnya minum teh, memberi kenangan tersendiri bagi para pendaki gunung.

Koyor sejatinya merupakan urat alias otot sapi yang berada di sekitar tulang punggung sapi. Kendati disebut urat, namun lantaran dimasak dengan teknik tertentu, maka koyor tersebut terasa sangat lembut. Seru kan ngebayangin rasa manis gudeg berpadu dengan pedesan sambel krecek dan sensasi gurihnya koyor. Sampai puncak gunung Merbabu masih terbayang kelesatannya, membuat pendaki Merbabu ingin cepat-cepat turun untuk kembali makan nasi gudeg di Pasar sapi ini.

 

 

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

 

.

.

Copyrights © 2001 - 2017 Merbabu.Com Powered by Propacom