MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup

Posted by Admin on 2014-09-29 23:58:44 UTC
Kebakaran hutan terjadi di lereng Gunung Merbabu. Kebakaran tersebut terjadi sejak Selasa (23/9/2014) lalu di dua titik, yakni di wilayah Resort Kalipasang, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, dan Resort Wekas, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. 
 
Sebenarnya pada Sabtu (27/9/2014) lalu, api di kawasan tersebut secara keseluruhan sempat berhasil dipadamkan. Namun Minggu (28/9/2014) malam, kebakaran kembali terjadi dan mulai mengarah ke kaki gunung di wilayah Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali.
Terjadinya kebakaran tersebut dibenarkan Kapolsek Ampel, AKP Marjoko, saat dihubungi melalui ponselnya, Senin. Dia menjelaskan telah menindaklanjuti informasi kebakaran di lereng Gunung Merbanu tersebut. Pihaknya sudah menerjunkan personel polsek setempat untuk memantau kondisi di lokasi.
 
“Anggota sudah naik ke atas [lokasi kebakaran] untuk memantau,” ungkap Kapolsek, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono.
 
Kapolsek menginformasikan dari pantauan sementara hingga Senin sore, kebakaran yang bermula dari titik di wilayah Kecamatan Getasan tersebut sudah mulai mengarah ke wilayah Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. “Sekitar 86 persen hampir memasuki batas wilayah Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali,” terang Kapolsek.
 
Namun hingga Senin sore, Kapolsek belum bisa memastikan berapa luasan kawasan hutan yang terbakar. Sementara itu polisi dan warga di dua dukuh, yakni Mongkrong dan Gemawang, Desa Jlarem, Kecamatan Ampel, berencana akan melakukan pemadaman bersama petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM), Selasa (30/9/2014).
 
“Rencananya, besok [Selasa] masyarakat di dua dukuh tersebut bersama petugas dari BTNGM akan melakukan upaya pemadaman,” kata Kapolsek Ampel.
 
Kebakaran itu juga dibenarkan Koordinator Polisi Hutan (Polhut) BTNGM, Wawan. “Informasinya kami terima Minggu malam,” ungkap Wawan.
 
Menindaklanjuti laporan kebakaran itu, Wawan mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk upaya pemadaman. Namun hingga saat dihubungi tersebut, Wawan mengatakan belum diketahui pasti titik lokasi kebakaran yang terjadi mulai Minggu malam itu. “Untuk lokasi-lokasinya, masih kami cek,” imbuhnya.
 
Sumber : http://www.solopos.com/2014/09/29/kebakaran-merbabu-lereng-merbabu-terbakar-api-mulai-mengarah-ke-boyolali-540177

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup
Toilet Alam

Kategori Artikel / Berita :

Merbabu, Merbaboe, Damalung, Meru, Argo, Pamrihan, Telomoyo, Merapi, Puncak Gunung, Kenteng Songo, Selo, Cunthel, Tekelan, Kopeng, Salatiga, Boyolali, Pasar Sapi, Watu Gubug, Puncak Pemancar, Pasar Bubrah, Kawah, Pasar Setan, Devil Bridge, Jembatan Setan, Puncak Syarif, New Selo, Merapi, Ungaran, Magelang, Watu Tulis, Pereng Putih.

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU