MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Cara Menulis Artikel Gunung

Posted by Admin on 2014-12-15 13:30:57 UTC

Seorang Pendaki Gunung setelah mendaki biasanya ada yang membuat catatan perjalanan selanjutnya diposting di media sosial atau di webblog miliknya. Kebiasaan ini bisa berkembang menjadi sebuah hobby baru untuk menulis artikel. Apabila dikembangkan tidak tertutup kemungkinan menjadi seorang penulis yang profesional.

Diawali dengan catatan perjalanan Pendakian Gunung, sebuah kisah pengalaman nyata yang informasinya sangat bermanfaat bagi pendaki yang lain. Tentu saja penulisannya  tidak sebagus novel Harry Potter dan mungkin alur ceritanya kurang menarik, tetapi lebih berupa informasi yang aktual, seperti kondisi jalur terbaru, angkutan umum, tempat mata air dll, 

Ada Pendaki yang suka menuliskan ungkapan perasaan hatinya selama dalam perjalanan, diawali dengan cerita rinci mulai dari rencana pendakian, sms-an dan janjian untuk mendaki bersama. Percakapan ketika janjian mendaki gunung ditulis secara lengkap.

Ketika berada di terminal pun diceritakan kondisi terminal secara lengkap, dan ketika makan di warung pun mereka bercerita tidak hanya tentang makanannya tapi juga profil penjualnya. Pembaca akan terbawa mengikuti suasana hati penulisnya. Informasi penting tentang gunung kadang malah kurang diperhatikan.

Model penulisan seperti ini biasanya bisa menjadi sangat panjang, hingga penulisnya sendiri kewalahan dan membuat artikelnya bersambung. Sebagai penulis amatir tentu pembaca memahaminya, bahkan sebagai teman mereka memuji hingga ikut terharu dengan ceritanya.

Awal yang bagus untuk menulis adalah keberanian untuk menuangkan hal-hal yang ada dipikiran menjadi sebuah kata-kata dalam bentuk tulisan.

Gaya penulisan yang unik akan membuat artikel kita berbeda dengan yang lain. sehingga mereka yang ingin copy paste bisa berpikir dua kali. Mereka yang senang dengan cara penulisan kita, tentunya akan selalu menunggu artikel-artikel berikutnya.

Sekarang ini banyak tulisan asli pendaki gunung yang beredar di internet, dengan gaya bahasa yang bebas bahkan tanpa aturan penulisan yang baku. Sebagai penulis pemula tidak perlu memikirkan tata bahasa terutama karena tulisan

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU