MISTERI MBAH SYARIF


Dr. Theophil Wurt di depan Pondok di puncak gunung Merbabu pada tahun 1910.

Foto di atas adalah Puncak Syarif pada tahun 1910, seratus tahun yang lalu Pendaki Belanda (Dr. Theophil Wurt) mendirikan pondok dan tinggal di Puncak Syarif. Lalu kenapa diberi nama puncak Syarif. Apakah orang Belanda yang tinggal di puncak merbabu tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Mbah Syarif? Atau barangkali Mbah Syarif adalah salah satu porter yang ikut mendirikan pondok di puncak Merbabu ini, kemudian dia tinggal di puncak Merbabu setelah Dr. Theophil Wurt turun gunung.

Konon menurut cerita penduduk Mbah Syarif pernah lama tinggal di puncak gunung Merbabu, sehingga penduduk menyebutbya puncak Syarif. Apakah mbah Syarif dimakamkan dipuncak Merbabu? ada yang bercerita Makam mbah Syarif berada di desa Thekelan. Lalu apakah mbah Syarif seorang Pertapa sehingga menyendiri di puncak gunung? Apakah tujuannya untuk mencari ketenangan bathin? Menjauhkan diri dari masyarakat dan keduniawian?


Menurut salah satu versi cerita tentang Mbah Syarif. Mbah Syarif melarikan diri ke puncak Merbabu setelah beliau membunuh istrinya. Untuk pendaki yang bermalam di puncak Merbabu berhati-hati, karena sering ada penampakan seseorang tinggi hitam-hitam...


Porter-porter yang membantu Dr. Theophil Wurt mendirikan pondok di puncak Merbabu tahun 1910.

Versi lain tentang Mbah Syarif yang bernama asli Syarifudin ini merupakan tokoh antagonis dari Demak yang dipercaya mempunyai kesaktian tinggi. Suatu ketika Mbah Syarif ini berurusan dengan pihak yang berwenang sehingga melarikan diri (buron) ke kawasan Gunung Merbabu kemudian tinggal dan membuat rumah di salah satu puncak Gunung Merbabu, yaitu Puncak Kerto sehingga puncak tersebut diganti namanya menjadi ”Puncak Syarif”.

Konon kabarnya bukti keberadaan Mbah Syarif ini dapat dilihat dengan adanya peralatan dapur dan tanaman sayuran yang terdapat di lereng timur Puncak Syarif. Makam Mbah Syarif dipercaya berada di lingkungan Puncak Syarif.

 

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

 

.

.

Copyrights © 2001 - 2017 Merbabu.Com Powered by Propacom