MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Mahkluk Halus minta gendong di Merbabu

Mahkluk Halus sering kali iseng minta gemblok (gendong) para Pendaki. Biasanya kejadian ini sering terjadi di Pestan atau Pasar Setan atau Pasar Dieng. Pendaki yang menjadi sasaran digemblokin biasanya adalah pendaki yang banyak mengeluh.

Lebih parah lagi biasanya Mahkluk Halus ini numpang duduk di dalam tas minta gendong menuju arah puncak, sehingga cukup menyiksa Pendaki Gununug. 

TIM Merbabu.com yang terdiri dari Asep, Ade, Mbah Steve, dan Subur, ketika mendaki gunung Merbabu pernah mengalami hal ini. Waktu itu mereka sedang berada di Pasar Setan yang lokasi nya konon di sekitar Kawah Gunung Merbabu.

Bau belerang yang berasal dari Kawah Merbabu tercium cukup menyengat, namun ketika Tim Merbabu.Com sampai di Pasar Setan, tiba-tiba bau belerang lenyap dan berubah bau wangi aneka bunga, sungguh aneh sekali, hal ini adalah pertanda kehadiran Mahkluk Halus.

Jalur semakin terjal menuju Jembatan Setan, Asep, Ade, dan Subur merasa tas keril yang mereka bawa bertambah berat sekali, dan bau wangi bunga terus berada di sekitar mereka sepanjang perjalanan. Rupanya di dalam tas keril mereka masing-masing ada satu Mahkluk halus yang minta gemblok/ minta gendong, numpang gendong.

Setelah menyeberang Jembatan Setan sampailah Tim Merbabu.com di puncak bukit yang banyak batuan kapur berwarna putih. Di sini bau wangi tersebut telah hilang dan tas keril Asep, Ade, dan Subur menjadi normal kembali beratnya.

Lalu kenapa Mbah Steve tidak diganggu Mahklukh halus tersebut? Konon dengan menyelipkan bunga melati di telinga kita tidak akan diganggu Mahkluk Halus.

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Daftar Candi di Indonesia
Museum Kereta Keraton Surakarta
Misteri Watu Gubug Merbabu
Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU