MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

<< Prev 1 2 Next >>

Misteri Watu Gubug Merbabu

Watu Gubug yang berada di Jalur thekelan ini sepintas seperti gua kecil, yang hanya bisa dimasukin satu orang. Tempat ini dari dulu sering digunakan untuk bertapa. Konon Lubang Batu ini adalah pintu gerbang untuk masuk ke Istana Gaib Merbabu.

Tim Merbabu.com yang berjumlah empat orang, sempat diserang badai di sekitar Watu Gubug. Secara spontan semua masuk ke dalam Gua Watu Gubug ini. Dilain pendakian Tim Merbabu.com berjumlah delapan orang berhadapan dengan badai pasir yang menyakitkan mata. Tanpa sadar delapan orang dengan mudah masuk ke dalam Gua ini.

baca selengkapnya...


Berdirinya dusun Thekelan

Dahulu untuk menuju desa Thekelan agak sulit untuk dilewati kendaraan bermotor, sebelum dibangunnya jembatan dan jalan aspal yang menuju Kopeng. Meskipun terasing dan tersembunyi lokasinya, Thekelan adalah jalur tujuan utama para pendaki gunung dan pejiarah sejak jaman dahulu.

baca selengkapnya...


Mahkluk Halus minta gendong di Merbabu

Mahkluk Halus sering kali iseng minta gemblok (gendong) para Pendaki. Biasanya kejadian ini sering terjadi di Pestan atau Pasar Setan atau Pasar Dieng. Pendaki yang menjadi sasaran digemblokin biasanya adalah pendaki yang banyak mengeluh.

Lebih parah lagi biasanya Mahkluk Halus ini numpang duduk di dalam tas minta gendong menuju arah puncak, sehingga cukup menyiksa Pendaki Gununug. 

baca selengkapnya...


Kerajaan di Puncak Merbabu

Tidak mengherankan jika ada pendaki atau pejiarah yang secara gaib menemukan keris atau benda pusaka, di gunung Merbabu. Karena konon Merbabu terdapat sebuah kerajaan.
 
Menurut salah satu versi cerita masyarakat yang berkembang, pada jaman dahulu ketika masa Mataram kawasan Gunung Merbabu ini merupakan sebuah kerajaan yang pusat pemerintahannya di Puncak Kenteng Songo. Salah satu tokoh kerajaan adalah Ratu Dewi Retno Asih.
 
 
 
baca selengkapnya...


Misteri Mbah Syarif

Foto di atas adalah Puncak Syarif pada awal tahun 1900, seratus tahun yang lalu Pendaki Belanda mendirikan pondok di Puncak Syarif. Lalu kenapa diberi nama puncak Syarif. Apakah Mbah Syarif seorang sesepuh masyarakat Merbabu yang disegani sehingga namanya diabadikan menjadi nama salah satu puncak gunung Merbabu??

baca selengkapnya...


Sosok Mahkluk Tinggi Hitam di Merbabu

Bagi penduduk dan pendaki gunung Merbabu sudah sering mendengar kabar adanya mahkluk gaib berujud manusia dengan perawakan yang tinggi dengan pakaian hitam-hitam dan ada yang melihat ber kulit hitam yang menampakkan diri di malam hari.

Mbah Steve dan Totok (almarhum) pernah melihat penampakan Sosok Mahkluk Tinggi Hitam tersebut di Pos Bayangan II Jalur Cunthel. Tinggi mehkluk tersebut hampir menyentuh atap shelter Pos tersebut.

Pak Partono salah seorang sesepuh desa Cunthel yang rumahnya sering dikunjungi mbah Steve untuk menumpang beristirahat, bercerita pernah berjumpa dengan Sosok Mahkluk Tinggi Hitam tersebut di puncak Merbabu, ketika mengantarkan tamu mendaki Merbabu.

baca selengkapnya...


Bank Gaib bukan Pesugihan

Gunung Lawu sudah lama terkenal dikalangan para pejiarah salah satunya untuk para pedagang agar bisnisnya lancar. Untuk para pebisnispun bisa mendapatkan modal dengan cara tirakat untuk mendapatkan uang cash dari para lelembut penguasa gunung.

Uang yang didapat apakah berupa hibah atau hadiah cuma-cuma, ataukah pinjaman Bank Gaib, yang jelas bukan pekerjaan sejenis lelembut untuk pesugihan.

Ternyata di gunung Merbabu Mbah Steve juga sempat melihat lokasi keberadaan tumpukan uang tersebut, meskipun tanpa mengambilnya, karena memang tidak ada niat sama sekali untuk mencari kekayaan. 

baca selengkapnya...


Tersesat di Jalur Selo

Kalau dibilang tersesat sebenarnya nggak juga, karena memang sengaja menyesatkan diri untuk mencari jalur lain gunung Merbabu. Tim Merbabu.com pernah sengaja melewati jalur yang biasanya digunakan penduduk mencari kayu bakar dan rumput. Pertengahan Juni tahun 2000 Mbah Steve, Asep, Ade Fauzy dan Subur, melakukan pendakian Merbabu lewat Thekelan, turun lewat jalur Selo.

Jalur Selo sebenarnya terdapat banyak tempat angker, beberapa tempat terdapat batu nisan sebagai peringatan pernah terjadi korban di lokasi tersebut. Konon arwah pendaki yang meninggal di jalur Selo ini sering menampakkan diri dalam wujud seorang pendaki.

baca selengkapnya...


<< Prev 1 2 Next >>
 
Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU